alexametrics

Jadi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Serahkan Bandung Pada Oded

6 September 2018, 22:55:36 WIB

JawaPos.com – Ridwan Kamil resmi menjabat Gubernur Jawa Barat bersama wakilnya Uu Ruzhanul Ulum, Rabu (5/9). Maka secara otomatis Bandung akan dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung.

Satu hari dilantik Presiden RI Joko Widodo, pria yang akrab disapa Kang Emil ini memanggil Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial. Pasalnya Oded ditunjuk menjadi Plt Wali Kota Bandung hingga 16 September mendatang.

“Karena jangan sampai terjadi kekosongan pemerintahan dan tidak bolah ada rangkap jabatan,” kata Kang Emil di Gedung DPRD Jabar, Kamis (6/9).

Rencananya, lanjut Kang Emil Wali Kota Bandung definitif akan dilantik pada tanggal 20 September 2018. Untuk itu, dari 16-20 September akan ada pelantikan Penjabat Wali Kota Bandung. Kemungkinan besar, Muhamad Solihin akan kembali dilantik menjadi Penjabat Wali Kota Bandung selama empat hari.

“Kemungkinan oleh Pak Solihin lagi. Setelah 20 September, Pak Oded akan melanjutkan secara resmi sebagai Wali Kota Bandung definitif,” jelasnya.

Selain Bandung, Tasikmalaya adanya penunjukan Plt untuk mengisi kekosongan, yakni Wakil Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto sebagai Plt. Namun bedanya bedanya, masa jabatan Plt Bupati Ade Sugianto berakhir sampai tahun 2021.

Untuk itu, Kang Emil meminta secepatnya berkordinasi dengan DPRD untuk menentukan Wakil Bupatinya. Dengan begitu maka otomatis akan menjadi Bupati Tasikmalaya definitif bersama wakil yang diusungnya.

“Saya tugaskan beliau berkomunikasi dengan DPRD Tasikmalaya untuk menentukan Wakil Bupati penggantinya, kalau sudah maka beliau akan dilantik resmi menjadi Bupati definitif dengan Wakilnya,” pungkasnya. (ona/JPC)

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (ona/JPC)



Close Ads
Jadi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Serahkan Bandung Pada Oded