JawaPos Radar

Gangguan Server Jadi Penyebab Ditemukan Pemilih Ganda

06/09/2018, 19:35 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Gangguan Server Jadi Penyebab Ditemukan Pemilih Ganda
Ilustrasi (Dok JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, masih ditemukan pemilih ganda. Disinyalir masih adanya pemilih ganda itu karena gangguan server.

Komisioner Bawaslu Bidang Pencegahan, Humas, dan Lembaga, Nopialdi menyampaikan, hasil koordinasi dengan KPU pada Kamis (6/9) hari ini, mendapati proses input data pemilih melalui Sistem Data Pemilih (Sidalih) yang terganggu.

"Dalam prosesnya, ketika petugas melakukan input data, karena mungkin sistemnya lama, ketika masih loading sudah dienter dua kali, sehingga data terinput ganda," kata Nopialdi seusai melakukan pertemuan dengan KPU kota Batam.

Sidalih yang langsung dikendalikan di tingkat pusat, menyulitkan proses perbaikan ketika ada persoalan teknis. Nopialdi menyampaikan, seharusnya Sidalih ini memiliki sistem yang mampu mensensor apabila ada kesalahan dalam proses input data.

Sementara itu, untuk temuan yang sudah ada, telah diproses KPU dan diharapkan bisa selesai sampai batas waktu yang ditentukan pusat, pada 16 September mendatang.

Nopialdi melanjutkan, karena keterbatasan waktu, Bawaslu tidak bisa melanjutkan investigasi lebih jauh. Saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan KPU Kota Batam dan melaporkan temuan tersebut kepada Bawaslu pusat.

"Kita laporkan ke pusat, nanti baru diputuskan apakah dikeluarkan dari DPT atau bagaimana," kata Nopialdi lagi.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up