JawaPos Radar

Bupati Malang Mengklaim, Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Daerahnya

06/09/2018, 22:47 WIB | Editor: Budi Warsito
Bupati Malang Mengklaim, Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Daerahnya
Bupati Malang, Rendra Kresna berkunjung ke salah satu di Jabung dalam Bina Desa. Dia klaim tidak ada desa tertinggal.  (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Malang mengklaim, saat ini sudah tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Malang. Hal itu, disampaikam langsung oleh Bupati Malang, Rendra Kresna.

Rendra menjelaskan, tahun 2010 terdapat 114 desa tertinggal. "Alhamdulillah hasilnya sekarang sudah nol," kata Rendra, Kamis (6/9). 

Penuh percaya diri, Rendra juga menyebut, di Kabupaten Malang saat ini ada salah satu desa yang memiliki nilai tinggi dalam indeks pembangunan secara nasional.

Bahkan, kini tercatat desa dengan indeks pembangunan tertinggi di Indonesia. Yakni Desa Ngroto, Kecamatan Pujon.

Sejak awal dirinya menjabat sebagai Bupati Malang pada 2010 lalu hingga memasuki periode kedua ini, pembangunan desa memang menjadi salah satu prioritas Rendra Kresna. 

Sudah banyak perubahan yang dirasakan masyarakat desa. Apalagi saat ini juga ada dukungan dana desa dari pemerintah pusat.

"Karena keberhasilan ini didukung oleh kegotong-royongan seluruh masyarakat. Bukan hanya Pemkab Malang saja," bebernya. 

Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Timur itu menambahkan, yang dilakukan Pemkab Malang sudah selaras dengan apa yang diinginkan Presiden RI, Joko Widodo, yaitu membangun bangsa dari desa atau pinggiran. 


Diakui Rendra, membangun desa memang tidak bisa dilakukan secara instan, namun perlu dilakukan secara bertahap. Kedepan, Pemkab Malang memiliki impian, seluruh desa di Kabupaten Malang menjadi desa yang maju di segala bidangnya.

"Setiap bulan, saya dan seluruh rombongan OPD Kabupaten Malang melakukan kunjungan ke desa-desa melalui kegiatan Bina Desa. Melalui pembinaan dan pendampingan agar desa mengalami kemajuan," tandas dia.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up