JawaPos Radar

Bawaslu Temukan 10 Ribu Pemilih Ganda di Kota Batam

06/09/2018, 16:33 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Bawaslu Temukan 10 Ribu Pemilih Ganda di Kota Batam
Ilustrasi (Dok JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam menemukan 10 ribu daftar pemilih ganda dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diserahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam. Bawaslu masih mendalami temuan tersebut.

Komisioner Bawaslu Bidang Pencegahan, Humas, dan Lembaga, Nopialdi mengatakan, data yang terlampir di Sistem Data Pemilih (Sidalih) KPU juga diakui belum optimal. Setelah diteliti terdapat data pemilih ganda.

"Kita masih menunggu instruksi dari Bawaslu RI soal ini, kita temukan setelah dilakukan pencermatan," kata Nopialdi ketika dihubungi pada Kamis (6/9) siang.

Nopialdi melanjutkan, dari 12 kecamatan di Kota Batam, daftar pemilih yang ada di Kecamatan Sagulung, Batu Aji, dan Batam Kota, mendominasi data pemilih ganda ini.

Terkait dengan persoalan pemilih ganda ini, Bawaslu RI merekomendasikan agar penetapan DPT di kabupaten kota ditetapkan setelah data tersebut benar-benar sesuai. Karena batas penetapan DPT masih memiliki waktu sekitar 10 hari lagi, pada 16 September 2018 mendatang.

Nopialdi melanjutkan, 10 ribu pemilih ganda tersebut diprediksi akan terus bertambah, karena Bawaslu masih melakukan pencermatan seluruh data yang diterima.

Terkait temuan tersebut, Bawaslu juga langsung berkoordinasi dengan KPU Kota Batam. "Saat ini kita tengah koordinasi dengan KPU, kita bahas temuan DPT ini, hasilnya nanti akan kita sampaikan," kata Nopialdi lagi.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up