alexametrics

Bule Skotlandia Tewas Tenggelam saat Diving

6 September 2015, 08:30:00 WIB

JawaPos.com – Seorang wiasatawan asing asal Skotlandia bernama Scott James Taylor (46), tewas tenggelam saat diving (menyelam) di Gili Sarang Dusun Blongas Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kematiannya diduga akibat kondisi yang kurang sehat.    

 

Kasat Reskrim Polres Lombok Barat AKP Sidik Priamursita menjelaskan, kejadian bermula saat korban melakukan diving Kamis (3/9) sekitar pukul 09.30 Wita. Selain korban, ada 7 warga negara asing lainnya dan 3 orang dive guide.

Aktivitas diving pertama mereka lakukan 32 menit di bawah air. Selanjutnya  mereka beristrahat selama 2 jam. Sekitar pukul 12.00 Wita, mereka melanjutkan  menyelam  untuk kedua kalinya. Setelah 23 menit di bawah laut tiba-tiba Scott telah pingsan.

Sapi'i, salah seorang dive guide sempat mengangkat korban ke permukaan. Korban juga sempat diberi pertolongan dengan memberi nafas buatan (CPR). Tidak berhasil memberikan pertolongan CPR, kemudian korban dibawa ke Puskesmas Sekotong atas permintaan dari kantor Dive Zone agar diidentifikasi.

Setelah dilakukan pemeriksaan dokter puskesmas beberapa menit, hasilnya korban dinyatakan telah meninggal dunia. Selanjutnya teman-teman korban meminta segera dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB di Mataram untuk diautopsi. 

Setelah melakukan pemeriksaan, tidak ada unsur kelalaian. Karena semua prosedur penyelaman sudah dilakukan. "Ini akibat kondisi (kesehata, red) korban," kata Sidik kepada Radar Lombok (Jawa Pos Group), Jumat (4/9).

Pihak RS Bhayangkara sendiri menerima mayat korban pada sore hari.  Pihak dokter langsung melakukan  autopsi. "Dari hasil autopsi sementara, mayat tersebut  tidak menunjukan tanda-tanda kekerasan," ujar Humas RS Bhayangkara AKP I Wayan Redana. (flo/cr-zek/hsn/JPG)

Editor : husain

Bule Skotlandia Tewas Tenggelam saat Diving