JawaPos Radar

Polres Sragen Ringkus Pembobol 16 ATM

06/08/2018, 15:41 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Pembobol ATM
DIAMANKAN: Kedua tersangka pembobol mesin ATM diamankan Tekab Polres Sragen. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Aparat Polres Sragen meringkus dua spesialis pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Adalah Sugiyono, 44 dan Sugiyanto, 35. Mereka setidaknya sudah membobol 16 ATM di wilayah Sragen, Karanganyar dan Sukoharjo.

"Dari hasil sementara ini, keduanya yang merupakan residivis pembobol BPD sudah beraksi di 16 tempat kejadian perkara (TKP). Ini masih terus kami kembangkan," terang Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman kepada JawaPos.com, Senin (6/8).

Modus yang digunakan kedua pelaku adalah dengan merusak mesin ATM yang menjadi sasaran pembobolan. Salah satunya mesin ATM BRI di Toserba Mitra Jalan Raya Sukowati, Sragen, Minggu (5/8) dini hari.

Awalnya, pelaku melakukan melakukan penarikan uang di ATM. Saat proses berjalan dan uang akan keluar, pelaku mematikan mesin ATM. Caranya dengan mengkorsletkan arus listrik di mesin. Sehingga mesin ATM menjadi mati. "Saat uang akan keluar itu pelaku langsung merusak mesin dan mengambil uang yang ada di dalam mesin ATM," terangnya.

Tim Khusus Antibandit (Tekab) Polres Sragen turut mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya seperangkat stop kontak yang digunakan untuk mengkorsletkan arus listrik mesin ATM, kartu ATM, tang, obeng, lem, dan sejumlah uang hasil kejahatan.

Selain itu, polisi juga mengamankan satu unit mobil Daihatsu Xenia bernomor polisi AD 9051 FF yang digunakan sebagai sarana kejahatan kedua pelaku. "Uang hasil kejahatan yang berhasil diamankan sejumlah Rp 8.650.000 dari dua TKP," tukas Arif.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up