JawaPos Radar

Penerbangan Haji, Garuda Catat OTP 95 Persen

06/08/2018, 11:27 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Haji
Ilustrasi haji. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hingga Minggu (5/8) kemarin, Garuda Indonesia sudah memberangkatkan 71.524 calon jamaah haji (CJH) ke tanah suci. Dari total pemberangkatan, Garuda Indonesia berhasil mencatatkan on time performance (OTP) mencapai 95 persen.

"Capaian tersebut menunjukkan performa yang cukup baik. Capaian di atas 95 persen sejalan dengan peningkatan OTP Nasional," terang Direktur Utama PT Garuda Indonesia Pahala N Mansury kepada JawaPos.com, Senin (6/8).

Tahun ini, Garuda Indonesia menyiapkan 14 pesawat untuk pemberangkatan haji. Rinciannya, tiga pesawat jenis B747-400, lima pesawat dengan B777-300ER dan enam pesawat jenis A330-300/200. "Untuk jumlahnya sudah disesuaikan dengan peningkatan trafik jamaah haji tahun ini," urai Pahala.

Garuda Indonesia akan melayani pemberangkatan CJH dengan jumlah total mencapai 107 ribu jamaah. Jumlah tersebut terbagi menjadi 278 Kloter yang ada di sembilan embarkasi di Indonesia. Yakni, Medan, Aceh, Padang, Jakarta, Solo, Lombok, Banjarmasin, Balikpapan dan Makassar.

Guna meningkatkan pelayanan, Garuda Indonesia juga menambah jumlah awak kabin haji. Yakni, dari 506 prang menjadi 540 orang. Adapun 25 persen awak kabin merupakan putra dan putri daerah.

Tujuan dari perekrutan putra-putri daerah tidak lain adalah untuk mempermudah pelayanan terhadap CJH. "Selama ini kadang terjadi kendala dalam masalah komunikasi. Karena banyak jamaah yang hanya mampu menggunakan bahasa daerah," ungkapnya.

Selain itu, Garuda Indonesia menyediakan akses informasi secara real time untuk jamaah dan keluarga. Hal itu akan semakin memudahkan keluarga untuk terus mengupdate informasi. Mulai dari keberangkatan hingga pemulangan. Informasi tersebut dapat diakses melalui https:// www.haji-ga.com.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up