JawaPos Radar

Deklarasi Media Bermartabat

Menkominfo Rudiantara: Pers Nasional Harus Menjadi Bagian dari Solusi

06/08/2018, 20:55 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Menkominfo Rudiantara
DEKLARASI: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara saat menandatangani deklarasi di Monumen Pers, Solo, Senin (6/8). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menghadiri deklarasi Media Bermartabat untuk Pemilu Berkualitas yang diselenggarakan di Monumen Pers, Solo, Senin (6/8) malam.

Pada kesempatan tersebut, Rudiantara menyampaikan akan pentingnya menjaga kesantunan dan kepantasan dalam bermedia. Baik itu media massa maupun dalam media sosial.

Menurutnya, media harus tetap menjaga martabatnya demi menciptakan suasana kondusif dalam pesta politik Pemilu 2019. "Media yang bermartabat dalam Pemilu adalah media yang menyuarakan kebenaran, netral, proporsional dan berpihak kepada masyarakat dan bangsa," terangnya.

Rudiantara juga mengatakan, bahwa media juga memiliki tugas untuk mengatasi anomali demokrasi dan anomali Pemilu. Anomali demokrasi yang dimaksud adalah korupsi, ketimpangan sosial dan juga kemiskinan.

Sedangkan anomali Pemilu, seperti intoleransi, politik uang dan perpecahan masyarakat. Menurutnya, dalam hal bermedia, semua pihak harus mengedepankan etika, kepantasan dan juga kepentingan bersama. "Pers mesti menjalankan ruang publik media dengan landasan profesionalisme dan independensi dalam perhelatan Pemilu 2019," katanya.

Rudiantara juga mengatakan, dalam suasana politik yang cenderung memanas belakangan ini, Bangsa Indonesia membutuhkan pers yang mampu menjadi perekat keutuhan bangsa. Dan bukan sebaliknya, pers hanya mementingkan diri sendiri.

Diharapkan, pers nasional menjadi bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah. "Kita membutuhkan pers yang menjaga keutuhan nasional dan bukan sebaliknya, menjadi bagian dari pihak-pihak yang bersengketa. Konteks UU Pers Nomor 40 tahun 1999 seutuhnya menjaga NKR kondusif," pungkasnya.

Selain dihadiri Menkominfo, deklarasi turut dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo, dan Pemimpin Redaksi serta wartawan yang ada di Jogja, Solo dan Semarang.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up