JawaPos Radar

Daerah Lombok Utara Terisolir, Logistik Korban Gempa Terganggu

06/08/2018, 17:56 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Daerah Lombok Utara Terisolir, Logistik Korban Gempa Terganggu
Gempa di Lombok membuat beberapa bangunan roboh. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Penanganan terhadap korban gempa di Lombok masih terkendala. Terutama terkait distribusi logistik. Apalagi ada daerah yang sulit dijangkau tim SAR.

Kepala Pusat, Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sejumlah daerah khususnya di Lombok Utara masih belum dapat dijangkau tim SAR.

"Beberapa daerah masih terisolir khususnya di Lombok Utara, mereka ada di gunung-gunung. Distribusi belum bisa diberikan dan evakuasi penyelamatan, pertolongan belum bisa dilakukan," ujarnya di Kantor BNPB, Jakarta, Senin (6/8). 

Logistik pun belum memenuhi kebutuhan para korban. Apalagi katanya di kota Mataram, semua warung dan toko tidak berjualan karena dagangannya masih berantakan diguncang gempa. 

Sejauh ini, logistik masih terus berdatangan dari luar wilayah Lombok. Sejumlah Kementerian dan Lembaga juga mengirimkan bantuan. 

Masyarakat di pos pengungsian katanya berebut mengambil logistik yang datang. Namun yang menjadi masalah, masyarakat yang lebih memilih tinggal di depan rumahnya. 

"Pengungsi mandiri yang tidak mau bersatu dengan warga lain. Mereka bangun tenda di rumah, ini menyulitkan," sebut Sutopo. 

Kendati demikian, aparat setempat langsung mengambil inisiatif untuk mendata mereka untuk mengambil bahan logistik di posko terdekat untuk kemudian didistribusikan kepada pengungsi mandiri itu. 

Sementara, kebutuhan air bersih juga menjadi perhatian. Sebab, saluran PDAM belum berfungsi secara normal. "Kita akan kerahkan mobil-mobil tangki menjangkau titik pengungsian. Menjangkau pengungsian mandiri. Akan dibangun sumur bor juga. Kementerian PU juga kerahkan hidrant, mobil tangki dan bangun MCK portabel," pungkas Sutopo. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up