alexametrics

Bule Cantik Ajak Masyarakat Perangi Sampah, Begini Katanya

6 Agustus 2018, 22:12:03 WIB

JawaPos.com – Destinasi wisata mestinya bersih dari sampah. Bukan malah kotor dan dibiarkan begitu saja oleh para pengunjung dan para pedagang. Kesadaran ini yang coba dipupuk kumpulan mahasiswa asing yang tergabung dalam Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC). Mereka berasal dari daratan Eropa serta Asia.

Sebagaimana diberitakan Prokal.co (Jawa Pos Group), para mahasiswa itu keliling kawasan Siring Pierre Tendean, Banjarmasin, Minggu (5/8). Mereka mengajak pedagang dan pengunjung memerangi sampah, khususnya di sungai. Membentangkan spanduk ajakan dan mencontohkan cara membuang sampah yang benar pada tempatnya.

Salah satu mahasiswi asal Prancis, Gabrielle mengatakan, Banjarmasin potensial menjadi kota sungai yang dikunjungi para wisatawan domestik dan internasional. “We have to encourage people to put their trash on the right place (Kita harus mengajak orang untuk membuang sampah pada tempatnya)” kata Gabrielle.

Kabid Pariwisata Kota Banjarmasin Khuzaimi mengajak mahasiswa asing untuk ikut mendorong masyarakat agar lebih menjaga kebersihan destinasi wisata. “Edukasi menjaga kebersihan penting sekali. Mesti melibatkan seluruh pihak. Termasuk mahasiswa asing ini,” ujarnya.

Rombongan mahasiswa asing ini ditemani Forum Komunitas Hijau, Masyarakat Peduli Sungai (Melingai), dan Komunitas Sepeda Antik Banjarmasin.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : (fab/jpg/JPC)

Close Ads
Bule Cantik Ajak Masyarakat Perangi Sampah, Begini Katanya