JawaPos Radar

Kerahkan Helikopter

700 Wisatawan yang Terjebak di 3 Gili Mulai Dievakuasi

06/08/2018, 11:51 WIB | Editor: Bintang Pradewo
700 Wisatawan yang Terjebak di 3 Gili Mulai Dievakuasi
Tim Basarnas tengah mengevakuasi para wisatawan asing, Senin (6/8). Saat gempa terjadi, mereka tengah berwisata yang berkunjung ke Gili Meno dan Gili Trawangan. (Foto via Basarnas)
Share this

JawaPos.com - Hampir seribu wisatawan asing dan lokal terjebak di sejumlah pulau kecil di Lombok pasca gempa berkekuatan 7 SR. Dua ratus diantaranya telah berhasil dievakuasi pada pukul 08.00 WIB.

"Masih ada tujuh ratus wisatawan asing dan domestik dalam proses evakuasi," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat menggelar konferensi pers di kantornya, Pramuka, Jakarta, Senin (6/8).

Adapun wisatawan itu terjebak di Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Evakuasi dilakukan sejak pagi tadi menggunakan perahu karet ke wilayah Lombok.

"Sekarang masih proses. Dari kepala Basarnas melaporkan evakuasi dilakukan bertahap karena keterbatasan kapal. Jadi kapal Basarnas mondar-mandir lakukan evaluasi," kata Sutopo. 

Mengingat jumlah wisatawan yang cukup banyak, Basarnas menambah kapal SAR yang didatangkan dari Bali. "Wilayah lain mengerahkan heli. BNPB kerahkan dua helikopter. Masih berlangsung proses evakuasi dari tiga Gili," jelasnya.

Sejauh ini belum ada laporan wisatawan asing maupun lokal menjadi korban meninggal dunia maupun luka-luka akibat gempa. "Kami belum dapatkan laporan adanya korban baik meninggal dunia atau luka-luka mengingat beberapa hotel mengalami kerusakan," pungkas Sutopo

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up