alexametrics

Sultan HB X Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan

6 Juli 2022, 06:24:26 WIB

JawaPos.com–Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X minta kepolisian menindak tegas semua pelaku yang terlibat kasus kerusuhan di kawasan Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Senin (4/7).

”Tindak saja bagi mereka yang melanggar pidana. Tegakkan hukum karena sudah terjadi pelanggaran,” ucap Sultan di Kompleks Kepatihan, Jogjakarta, seperti dilansir dari Antara.

Sulatan meminta aparat kepolisian menuntaskan secara tegas dan adil, tanpa banyak pertimbangan. Sehingga, kasus serupa tidak berulang di kemudian hari.

”Enggak usah punya pertimbangan lain, melanggar hukum sudah lakukan (penindakan) karena dengan dilakukan itu, yang lain tidak akan main-main. Masak sampai ada korban dan sebagainya tidak kita tindak, yang klitih (kejahatan jalanan) saja kita tindak kok. Jadi kita harus adil untuk menegakkan hukum jangan pilih-pilih,” tegas Sultan.

Sultan menuturkan, keributan antarkelompok warga pendatang sejatinya sudah pernah terjadi di kawasan Babarsari sekitar empat tahun silam. Kala itu, dia berupaya menemui mereka dan mengajak berdialog.

”Empat tahun lalu juga sering berkelahi, saya datangi juga, saya bertemu dengan mereka,” ujar Ngarsa Dalem sapaan Sultan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: