alexametrics

DPRD Minta Pemkot Medan Ungkap Data Usaha SIUP Minuman Alkohol

6 Juli 2022, 05:53:20 WIB

JawaPos.com–Komisi III DPRD Kota Medan, Sumatera Utara, meminta Pemkot Medan mengungkap data usaha yang mendapatkan surat izin usaha perdagangan minuman beralkohol (SIUP-MB) dan surat keterangan penjual langsung minuman beralkohol (SKPL-MB).

Anggota Komisi III DPRD Kota Medan Dhiyaul Hayati menduga, banyak restoran maupun kafe di Kota Medan menjual minuman beralkohol, tetapi tidak memiliki izin. Peredaran minuman beralkohol tidak terpantau Pemkot Medan.

”Salah satu contohnya, tempat usaha Holywings di Jakarta mempromosikan minuman beralkohol berbau SARA dan akhirnya terungkap tidak memiliki SKPL-MB,” ujar Dhiyaul Hayati seperti dilansir dari Antara.

Holywings hanya memiliki NIB (nomor induk berusaha) dengan kode KBLI (klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia), yakni 56301 (bar), 56302 (kelab malam), 47221 (perdagangan eceran minuman beralkohol), 56101 (restoran), 56290 (penyediaan makanan) dan 56303 (rumah minum/kafe). NIB yang dimiliki Holywings dengan kode 47221 artinya perdagangan eceran minuman beralkohol yang tidak langsung diminum di tempat, sehingga harus dibawa pulang karena tidak memiliki izin.

”Garis besarnya kode 47221 itu tidak diminum di tempat, sedangkan Holywings menyediakan tempat. Outlet Holywings di Medan juga tidak punya izin, sedangkan mereka menjual minuman keras dan kerap ditongkrongi kawula muda,” terang Dhiyaul Hayati.

”Seharusnya mereka memiliki SKPL-MB. Kita menduga banyak kasus serupa di Kota Medan. Membuka restoran dan kafe, juga menyediakan minuman beralkohol. Ini yang harus kita awasi bersama,” ungkap Dhiyaul.

Dia mengharapkan Pemkot Medan agar menyampaikan data pelaku usaha yang mendapat SKPL-MB kepada publik. Sehingga, masyarakat ikut membantu melakukan pengawasan.

”Banyak kafe maupun restoran di Kota Medan menyediakan karaoke dan beroperasi hingga larut malam. Ini juga harus diawasi, apa mereka sediakan minuman keras bagi pengunjung,” kata Dhiyaul, politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: