alexametrics

Pemanfaatan Gejos Harus Jalan Terus

6 Juni 2020, 12:36:55 WIB

JawaPos.com – Pemkab Gresik akan tetap menjadikan Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) sebagai tempat rehabilitasi dan observasi pasien Covid-19. Gedung di kompleks Gejos itu ditargetkan sudah siap dalam sepuluh hari ke depan. Maklum, kebutuhan akan tempat itu sudah sangat mendesak lantaran jumlah pasien terus bertambah.

Menurut Asisten III Pemkab Gresik Tursilowanto Hariogi, kompleks Gejos tersebut hanya diperuntukkan pasien yang sudah membaik. Mereka yang tingkat kesembuhannya sudah mencapai 70 persen. Baik pasien terkonfirmasi positif maupun pasien dalam pengawasan (PDP). Karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir, apalagi melakukan penolakan.

”Kapasistas rumah sakit umum maupun swasta sudah penuh. Tidak ada opsi lagi selain menggunakan Gejos sebagai kawasan rehabilitasi. Tim sudah melakukan kajian mendalam. Nantinya, mobilitas di Gejos juga sangat terbatas. Tidak semua orang bisa keluar atau masuk,” ungkap Tursilo.

Untuk petugas kesehatan nanti, lanjut dia, pihaknya juga menyediakan tempat khusus. Mulai penginapan, ruang sterilisasi, hingga fasilitas pendukung lain.

Keputusan pemkab tersebut mesti mendapat dukungan. Sebab, paparan Covid-19 dari hari ke hari terus bertambah. Data hingga Kamis malam (4/6), jumlah kasus terkonfirmasi positif sudah hampir menyentuh 200, tepatnya 195. Sementara itu, PDP sebanyak 269 orang dan orang dalam pemantauan mencapai 1.197.

Editor : Edy Pramana

Reporter : ARM



Close Ads