alexametrics

Viral Remaja Nyaris Terjepit Transjabodetabek, Anies Salahkan Sopir

6 Juni 2019, 10:07:03 WIB

JawaPos.com – Viral sebuah video sekumpulan remaja menaiki bus Transjabodetabek rute Tanah Abang-Bekasi di atap. Namun, saat memasuki terowongan Tanah Abang, Jakarta Pusat, badan mereka hampir terjepit atap bus dengan atap terowongan. Kejadian ini diunggah oleh akun instagram @jktinfo.

Kejadian ini diketahui terjadi saat malam takbir Selasa (4/6). Sempitnya celah antara atap bus dengan terowongan membuat remaja-remaja ini meniarapkan badannya. Bahkah terlihat ada yang nekat loncat dari atap bus dengan cara bergelantungan ke sisi-sisi bus.

Adanya kejadian ini membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan geram. Dia dengan tegas menyebut tidak boleh ada penumpang di atap kendaraan. Dalam hal ini supir bus harus bertanggungjawab atas kejadian tersebut.

“Itu nggak boleh sebetulnya, dan harus ada sanksi bagi sopir yang membiarkan atap kendaraannya dibiarkan untuk duduk, berdiri,” ujar Anies di rumah dinasnya, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6).

Untuk menghindari kejadian seperti ini terulang lagi, Anies mengatakan akan membuat payung hukumnya. Entah itu berupa peraturan daerah (Perda) atau peraturan Gubernur (Pergub) nanti akan dilakukan pengkajia .

“Nanti dibikin aturan khusus supaya supir-supir bertanggungjawab tidak boleh membawa lagi orang di atas. Karena bukan seharusnya ada di situ,” jelasnya.

Aturan pelarangan ini nantinya akan berlaku sepanjang waktu, bukan sebatas saat malam takbir atau momen besar lainnya. Mengingat dalam kegiatan tertentu kerap ditemui atap kendaraan digunakan untuk duduk-duduk penumpang.

“Enggaklah, seterusnya. Kan kita kadang-kadang lihat sering ada acara-acara pada di atas (atap bus). Beresiko sekalin kalau sudah ada aturan, tidak ada waktu hanya untuk event tertentu, tapi untuk semua,” pungkas Anies.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan