alexametrics

Gubernur Kepri Imbau Seluruh Kabupaten Kota Bayar TKD

6 Juni 2018, 13:20:40 WIB

JawaPos.com – Ketidakjelasan pembayaran Tujangan Hari Raya (THR) yang bersumber dari Tunjangan Kinerja Daerah (TKD), melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Kota Batam mendapatan tanggapan dari Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun.

Nurdin yang ditemui seusai apel gabungan pengamanan lebaran 2018 mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri menghimbau kepada pemerintah kabupaten/kota di lingkungan Provinsi Kepri untuk menyelesaiakn kewajiban pembayaran TKD kepada Aparat Sipil Negara (ASN).

“Kita himbau semua harus bayar, untuk lebih teknisnya nanti yang mengurus masing-masing daerah, sesuai dengan edaran yang kita terima” kata Nurdin di alun-alun Engku Putri, Batam Centre, Batam, Rabu (6/6).

Sebelumnya, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin menyebutkan, bahwa keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam tidak memiliki anggaran untuk membayar TKD 5.623 ASN Kota Batam.

Data yang didapat dari Badan Pengelola Keuangan dan Anggaran Daerah (BPKAD), anggaran yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan TKD ini sebanyak Rp 31 miliar. Sementara itu dana THR yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) pusat sejumlah Rp25 miliar.

Dari beberapa daerah di Kepri, Batam menjadi satu daerah yang terbilang cukup mengkhawatirkan. Dengan ketersediaan dana yang belum menemui titik terang, ancaman akan tertunda atau bahkan tidak terbayarkan.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (bbi/JPC)

Gubernur Kepri Imbau Seluruh Kabupaten Kota Bayar TKD