alexametrics

Aksi Simpati Masyarakat Solok Atas Pencopotan AKBP Susmelwati Rosya

Video: Pernyataan dr Fiera Lovita
6 Juni 2017, 06:31:42 WIB

JawaPos.com – Pencopotan AKBP Susmelwati Rosya dari Kapolres Solok Kota menuai simpati dari Kota Solok, Provinsi Sumbar. Aksi simpati dipimpin langsung oleh Ketua DPRD daerah setempat Yutris Chan.

Dilansir Padang Ekspres (Jawa Pos Group), aksi simpati turun ke jalan yang berlangsung pada Senin (5/6) itu juga oleh anggota DPRD serta para ninik mamak, bundo kanduang, aktivis KNPI, HMI, BEM UMMY dan Perhimpunan Pemuda yang tergabung dalam Forum Peduli Masyarakat Kota Solok. Mereka beramai-ramai turun ke jalan dan berakhir di Markas Polres Solok Kota.

Mereka memberikan dukungan moril terhadap AKBP Susmelawati Rosya yang dicopot dari jabatan Kapolres Solok Kota karena dinilai tidak tegas menindak pelaku yang diduga persekusi terhadap seorang dokter RSUD Solok, Fiera Lovita.

Fiera ketika itu mengaku diintimidasi dan diancam oleh salah satu ormas setelah menulis status di media sosial yang dinilai menghina salah seorang ulama, Selasa (22/5) lalu.

Namun, masalahnya dengan sejumlah ormas Islam terkait sudah selesai hingga penandatanganan surat perjanjian. Perjanjian itu, berikut Ketua FPI Kota Solok, Erman Jamal, IKADI Ustaz Syofyan, Ketua FMPI, Amawardi, GMPI Ade Merta, pada Selasa (23/5).

Langkah penyelesaian ketika itu difasilitasi Kapolsekta Solok Kota Kompol Darto, Dirut RSUD Solok hingga masalah sudah dinyatakan habis sampai di situ. Mereka pun saling bermaafan.

Akan tetapi, berselang dua hari Fiera Lovita dikabarkan ke Jakarta. Sesampai di Jakarta, 29 Mei lalu, muncul reaksi baru, Fiera Lovita kembali menceritakan kisahnya dan muncul di sejumlah media.

Buntutnya, beberapa hari kemudian Kapolres Solok Kota, AKBP Susmelawati dicopot oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian karena dianggap tak tegas menindak pelaku persekusi yang diduga mengancam Fiera Lovita. (e/atn/iil/JPG)

Editor : Ilham Safutra

Aksi Simpati Masyarakat Solok Atas Pencopotan AKBP Susmelwati Rosya