alexametrics

Selama Ramadan, JIC Sediakan Buka Puasa Gratis sampai Warga Luar Batang Sedekah Takjil

6 Mei 2019, 15:01:47 WIB

JawaPos.com – Dalam menyambut bulan suci Ramadan 1440 H, Jakarta Islamic Centre (JIC) menyediakan buka puasa bagi para jamaah. Hal ini karena melihat hingar bingar Jakarta sebagai ibu kota. Sehingga, warga sangat sulit untuk berbuka puasa di rumah.

Ahmad Juhandi Kepala Sekretariat JIC mengatakan Jakarta sebagai kota metropolitan membuat banyak umat muslim sangat sulit berbuka puasa di rumah. Oleh sebab itu, JIC menyediakan buka puasa gratis bagi para umat muslim di Jakarta.

“Tapi ada juga memang sengaja ingin konsentrasi beribadah di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre. Mereka berbuka puasa di sini. Maka kami setiap bulan Ramadhan memfasilitasi buka bersama di Masjid JIC. Biasanya sekitar 500 jamaah setiap maghrib hadir untuk memgikuti kegiatan ini” jelas Ahmad saat dihubungi, Senin (6/5).

Menurut dia, pembiayaan buka bersama di masjid JIC ada anggaran dari APBD dan Badan Managemen. Selain itu banyak juga dari pengusaha dan masyarakat yang secara sukarela mengantarkan langsung makanannya ke masjid JIC.

Sementara itu, KH Aep Saifullah Kepala Sub Divisi Keagamaan Managemen Jakarta Islamic Centre menjelaskan selama Ramadan, kegiatan di Masjid Raya JIC sangat banyak dan beragam. Karena memang bulan Ramadan harus diisi dengan hal-hal yang positif yang bernilai ibadah.

“Jadwal kegiatan Ramadan 1440 H sudah kami susun disesuaikan dengan kelompok sasarannya. Ada kelompok sasarannya remaja dan anak, orang tua, pelajar dan mahasiswa, ibu-ibu, dan kelompok sasaran lainnya” tambahnya.

Selain jadwal pengajian juga ada tadarus Alquran setelah Ashar, Remaja Mengaji, Pesantren Ramadhan, The Power of Dream, diskusi keagamaan setelah jumatan, Simaan al Quran, i’tikaf 10 hari akhir Ramadhan, Nuzulul Quran, Santri Asmaul Husna. Pada akhir Ramadhan akan diadakan gema takbir dan sholat Idul Fitri.

Diadakan juga lomba-lomba seperti lomba Hafiz on Radio, Festival Film Pendek Religi, lomba azan, lomba hafiz. Pendaftaran lomba-lomba tersebut sudah buka mulai sekarang. Selama Ramadan, JIC juga mengadakan bazar Ramadhan, sembako murah, mengadakan seminar ekonomi syariah, pesantren kilat robotik dan android, dan Gemakusi atau gerakan lima bungkus nasi.

Berbagi Takjil

ILUSTRASI: Masjid Luar Batang di Jakarta Utara. (Istimewa for JawaPos.com)

Di tempat berbeda, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara memprogramkan sedekah takjil bagi warga sekitar masjid. Takjil diberikan warga bergiliran sepanjang Ramadan. Seksi Dakwah DKM Luar Batang, Maswi menerangkan, program sedekah takjil sudah berlangsung sejak Ramadhan tahun sebelumnya. Pemberi takjil dari warga RW 01, 02, dan 03 Kelurahan Penjaringan ini diatur sehingga mencapai 30 hari berpuasa.

“Setiap harinya ada enam sampai tujuh orang yang sedekah takjil ke masjid,” kata Maswi, saat dikonfirmasi.

Meski begitu, dijelaskannya sedekah takjil tersebut tidak wajib. Begitu pun menu makanan dan minuman yang tidak diatur. Melainkan apa saja semampu warga tersebut. “Tidak diwajibkan, ya namanya saja sedekah. Makanan dan minumannya pun bebas apa saja semampunya,” jelasnya.

Tak hanya berasal dari warga, diterangkannya takjil juga kerap diberikan para donatur baik berupa makanan, minuman atau uang. Tentunya, apa yang diberikan dipastikan diatur DKM untuk kemaslahatan umat di Masjid Luar Batang. “Ada juga donatur yang ngasih sedekah untuk takjil. Ya kita terima dan kita bagikan kepada umat,” terangnya.

Berkaca dari tahun sebelumnya, peningkatan pengunjung Masjid Luar Batang mencapai 20-30 persen selama Ramadhan. Selain berziarah, tak sedikit pengunjung yang beritikaf di masjid tersebut, terutama saat memasuki saat pekan ke-3 Ramadhan. “Kegiatan rutin kami di sini mulai dari salat wajib, kultum, pembagian takjil, salat tarawih, tadarus, hingga salat malam,” tutupnya.

Editor : Bintang Pradewo

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads