alexametrics

Selama Ramadan, Jam Macet di Jakarta Alami Perubahan Waktu

6 Mei 2019, 14:28:07 WIB

JawaPos.com – Selama bulan ramadan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi akan ada pergeseran jam kemacetan atau kepadatan kendaraan. Baik pada jam berangkat maupun jam pulang kantor, diprediksi akan berubah.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol M Nasir mengatakan, untui jam kemacetan pagi diperkirakan akan bergeser menjadi pukul 06.30-08.00 WIB untuk wilayah dalam kota Jakarta.

“Waktu kepadatan arus lalin sebelumnya pukul 05.30 WIB di daerah penyangga dan di dalam kota (Jakarta) pukul 06.00 WIB menjadi pukul 06.00 WIB di daerah penyangga dan di dalam kota pukul 06.30 WIB,” ujar Nasir saat dihubungi JawaPos.com, Senin (6/5).

Nasir menerangkan, perubahan kepadatan ini terjadi karena waktu masuk kantor pukul 08.00-15.00 WIB selama ramadan. Begitu juga jam pulang kantor, jam macetnya bergeser, yang mana saat bulan puasa bakal terjadi pada pukul 15.00-18.00 WIB.

Titik kemacetan juga diprediksi akan bergeser. Wilayah perkantoram, pasar, hingga daerah yang banyak diisi penjual takjil, ditengarai akan mengalami kepadatan lebih tinggi daripada lokasi lain.

“Tempat kerawanan Kamseltibcarlantas yang paling dominan itu perkantoran, pasar tradisional, pasar modern, tempat ibadah, lokasi kuliner (jelang buka puasa), dan pasar kaget yang ada di sepanjang jalan,” kata Nasir.

Titik kemacetan ini sendiri, lanjut Nasir, terjadi hampir di semua wilayah hukum Polda Metro Jaya. Namun, kondisi kemacetan itu diperkirakan terjadi bersifat situasional dan dalam jangka waktu yang pendek.

“Guna antisipasinya, kita koordinasi dan kerjasama pam kamseltibcar lantas dengan melibatkan semua pihak, yaitu Polri, Dishub, Pol PP, Pd Pasar Jaya, dan Pam Internal, obyek kuliner,” sambungnya.

Ilustrasi. Kemacetan kendaraan di sejumlah ruas jalan. (Dok JawaPos.com)

Pantauan JawaPos.com sendiri kepadatan memang terjadi di beberapa ruas jalan ibu kota. Seperti di Jalan Raya Pasar Minggu sampai dengan Tugu Pancoran sekitar pukul 07.30 WIB, kemacetan hampir terjadi di semua titik.

Sementara itu, di Jalan Sultan Agung, Manggarai, sekitar pukul 08.00 WIB kepadatan sudah mulai terurai. Kecepatan kendaraan sekitar 20-40 km/jam.

Adhiyuda Prasetya, pun membagikan pengalaman perjalanannya dari Depok menuju Jakarta. Menurutnya, sekitar pukul 08.00 WIB terjadi kemacetan di sekitar stasiun Lenteng Agung dan stasiun Tanjung Barat. “Kalau di Mampang setiap lampu merah macet lumayan panjang. Baru lancar sebelum underpass Kuningan,” ungkapnya.

Sementara itu, Arief Ikhsanudin, pengendara sepeda motor mengatakan, sekitar pukul 08.30 WIB di sekitar wilayah Tanah Abang, Jakarta Pusat tepatnya di Jalan Jati Baru Raya masih ada kepadataan kendaraan. Namun, setelah bergeser ke Jalan Kebon Sirih, lalu lintas normal.

“Tadi pagi saya lewat Tanah Abang sekitar jam 08.30 kondisi lalu lintas masih agak padat. Namun di Jalan Kebon Sirih sudah normal,” kata Arief.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads