alexametrics

Senjata Api Sitaan Bea Cukai Memiliki Jarak Tembak Satu Kilometer

6 Maret 2019, 19:40:55 WIB

JawaPos.com – Senjata api laras panjang seri 308 kaliber 7,62 milimeter yang diserahkan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Surakarta memiliki jarak tembak hingga satu kilometer. Senjata yang diimpor dari Amerika Serikat (AS) ini biasanya digunakan untuk berburu atau juga latihan sniper.

Senjata dengan harga yang ditaksir mencapai Rp 100 juta ini terdiri dari beberapa bagian yakni popor atau gagang senjata, magazine, enam buah scope dan juga beberapa bagian yang lainnya. 

“Kalau harganya resmi di Indonesia cukup mahal, untuk tipe ini harganya hampir Rp 100 juta lah. Untuk jarak tembaknya juga bisa sampai satu kilometer, tapi efektifnya 500 meter,” terang Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai kepada JawaPos.com usai menerima penyerahan senjata, Rabu (6/3). 

Senjata Sitaan
Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai menjelaskan, senjata yang diserahkan tersebut biasa digunakan untuk latihan sniper dan berburu. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Lebih lanjut Andy menyampaikan, senjata jenis 308 itu biasanya digunakan untuk berburu. Dan dengan jarak efektif 500 meter, hewan buruan yang terkena peluru kaliber 7,62 pasti akan mati. “Makanya jika sampai senjata ini berada di tangan sembarangan orang bisa berbahaya,” urainya. 

Usai menerima penyerahan senjata laras panjang dari kantor bea dan cukai, jajaran Polresta Solo akan melakukan penyelidikan mengenai siapa pemilik dari senjata yang didatangkan dari negeri Paman Sam tersebut.

Selain itu, polisi juga akan mengusut mengenai surat-surat keabsahan dari senjata laras panjang itu. “Untuk memiliki senjata itu harus mengantongi izin dari Badan Intelkam Polri, dan juga dari Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin),” pungkas Andy.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads
Senjata Api Sitaan Bea Cukai Memiliki Jarak Tembak Satu Kilometer