alexametrics

Pembobol Brankas Berisi Rp 2,2 Miliar Dibekuk

6 Februari 2019, 12:08:00 WIB

JawaPos.com – Pembobolan brankas milik Toserba Luwes Sragen terjadi Kamis (31/1) lalu. Pelaku menggondol uang senilai Rp 2,2 miliar. Kini, kasus tersebut telah terungkap. Aparat Polres Sragen menangkap tiga tersangka.

Ketiga tersangka adalah Supriyanto, Narwan, dan Risang Gilang. Polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti dan uang yang belum sempat dibelanjakan. Polres Sragen masih mengembangkan kasus ini. Diduga, pelaku sudah sering melakukan aksi pembobolan brankas.

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan menjelaskan, pihaknya langsung melakukan sejumlah pemeriksaan setelah mendapatkan laporan adanya pembobolan brankas di Toserba Luwes. Termasuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Dari hasil pemeriksaan para saksi, ada yang melihat kedua tersangka. Bermodal dari informasi tersebut, kami langsung melakukan pengejaran,” ungkap Yimmy saat gelar kasus di Mapolres Sragen, Rabu (6/2).

Akhirnya Supriyanto yang menjadi otak pembobolan berhasil ditangkap di rumahnya, Dagen, Suruh, Tasikmadu, Karanganyar, Minggu (3/2). Saat dilakukan penangkapan, tersangka tidak melakukan perlawanan dan langsung dibawa ke Mapolres.

“Dari penangkapan ini, kami kembangkan dan berhasil menangkap dua tersangka lain. Yakni, Narwan Lusdiyanto di Banjarnegara, dan Risang Gilang ditangkap di Tasikmadu,” beber Yimmy.

Keduanya ditangkap sehari setelah penangkapan Supri. Dari tangan para tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti. Adalah 3 unit sepeda motor, satu unit mobil, mesin gerinda, mesin bor, sejumlah mata bor, handphone, dan uang tunai sebesar Rp 1,2 miliar.

“Total uang yang berhasil dibawa kabur pelaku sebanyak Rp 2,2 miliar. Lalu sebagian dibelanjakan seperti membeli mobil, ditabung, dan untuk berfoya-foya. Sisanya Rp 1,2 miliar ini,” terang Yimmy.

Ketiga tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP. Ancamannya penjara selama tujuh tahun.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo

Pembobol Brankas Berisi Rp 2,2 Miliar Dibekuk