alexametrics
Kasus Pencurian di Toserba Luwes Sragen

Otak Pelaku Pembobol Brankas Tidak Lain Adalah Pembuatnya Sendiri

6 Februari 2019, 19:03:47 WIB

JawaPos.com – Polres Sragen menemukan fakta terkait otak pelaku pembobol brankas milik Toserba Luwes Sragen, Supriyanto alias Kohing, 34. Warga Dagen, Suruh, Tasikmadu itu tidak lain adalah sang pembuat brankas yang dibobol tersebut. Supri menjual brankas tersebut kepada pemilik Luwes beberapa bulan yang lalu dengan harga Rp 23,5 juta. 

“Jadi, otak dari pelaku ini adalah pembuat brankas dan dia menjual brankas itu kepada korban,” ungkap Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan kepada JawaPos.com, Rabu (6/).

Dari hasil pemeriksaan, Yimmy menambahkan, selama ini memang tersangka ini berprofesi sebagai pembuat brankas. Dan brankas buatannya sudah di jual ke beberapa kota. 

Otak Pelaku Pembobol Brankas Tidak Lain Adalah Pembuatnya Sendiri
OTAK PEMBOBOL: Kapolres Sragen, AKBP Yimmy Kurniawan menanyai otak pelaku pembobol brankas yang sekaligus pembuat brankas, Supriyanto alias Kohing. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Sementara itu, Supri mengakui bahwa profesi membuat brankas itu sudah ditekuninya lebih kurang sejak delapan tahun silam. Kohing, begitu ia akrab disapa tidak hanya menjual kepada pelanggannya yang ada di Solo. “Semarang, Pati, Jogja dan juga beberapa kota yang lainnya,” ucap Kohing.

Menurutnya, brankas buatannya memiliki spesifikasi yang cukup detail. Termasuk menyertakan pengaman dobel untuk menjamin keamanannya. Meski brankas tersebut buatannya sendiri, tetapi kekuatan dan keamanannya tidak kalah dengan brankas yang dijual di toko-toko. “Harganya bervariasi, tetapi di bawah harga yang ada di toko,” katanya.

Selain menjual untuk keperluan penyimpanan uang di toko, brankas buatannya juga dijual di instansi lainnya. Seperti koperasi dan yang lain. 

Karena brankas itu hasil buatannya, Supri tentunya paham benar bagaimana cara membobolnya. Akan tetapi, Kohing justru meminta Narwan, tersangka lainnya untuk melakukan eksekusi pembobolan brankas. Sedangkan, Kohing bertugas berjaga di luar toko sembari mengawasi situasi di sekitar. Tetapi, belum sempat menghabiskan uang yang berhasil dibawa kabur yakni Rp 2,2 miliar. Para tersangka keburu diciduk oleh jajaran Polres Sragen.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo

Otak Pelaku Pembobol Brankas Tidak Lain Adalah Pembuatnya Sendiri