alexametrics

Kota Malang Sabet Penghargaan SAKIP Ketiga dengan Predikat BB

6 Februari 2019, 23:00:21 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali menorehkan prestasi. Kali ini, kota pendidikan berhasil memperoleh penghargaan karena terus melakukan perbaikan pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Pemkot Malang memperoleh nilai BB. Raihan ini, sudah tiga kali berturut-turut didapat.

Piagam penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji dari Menteri PAN RB RI, Syafruddin di Hotel Golden Tulip Galaksi, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (6/2).

Sutiaji mengatakan, penghargaan ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota untuk senantiasa mengedepankan kinerja yang berbasis pada mutu pelayanan publik dan outcome. “Ini patut kita syukuri, meskipun masih banyak hal yang perlu terus ditingkatkan karena tiga tahun kita stagnan di (peringkat) BB,” ujarnya.

Melihat hal itu, lanjut dia, pihaknya akan terus memacu agar Kota Malang bisa meraih skor A. “Perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan terus kita bangun. Salah satu instrumen yang kita lakukan di 2019 ini adalah program lelang kinerja,” terangnya.

Dia berharap, melalui lelang kinerja ini, orientasi pada outcome semakin kuat. “Target terukur jelas dengan komposisi anggaran yang terukur pula. Selaras dengan hal itu, restrukturisasi SOTK (Struktur Tata Organisasi Kepemerintahan) juga kita lakukan dalam rangka fokus tusi (tugas fungsi), sehingga tidak terjadi tumpang tindih fungsi yang itu tentu menjadikan in-efisiensi,” paparnya.

Dia berharap, dengan langkah-langkah tersebut, kedepannya Kota Malang bisa meningkatkan prestasi dengan meraih skor A.

Sebagai informasi, SAKIP bertujuan untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Hal itu sebagai salah satu prasyarat, guna terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya. Kota Malang sendiri, berhasil meraih SAKIP dengan predikat BB selama tiga tahun berturut-turut pada tahun 2016, 2017, dan 2018.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Fiska Tanjung



Close Ads
Kota Malang Sabet Penghargaan SAKIP Ketiga dengan Predikat BB