alexametrics

Diduga Aniaya Junior Hingga Tewas, Taruna ATKP Makassar Diskorsing

6 Februari 2019, 10:42:32 WIB

JawaPos.com – Taruna Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar M Rusdi menjadi tersangka kasus dugaan penganiayaan hingga tewas terhadap juniornya. Korban bernama Aldama Putra, 19, yang merupakan taruna tingkat I.

Pihak ATKP Makassar lantas menjatuhkan sanksi kepada M Rusdi. Yakni, skorsing atau penghentian proses pendidikan sementara waktu. “Menetapkan saudara M Rusdi diberikan sanksi skorsing. Sampai dengan adanya kekuatan hukum tetap,” tegas Direktur ATKP Makassar Agus Susanto, Rabu (6/2).

Agus Susanto berdalih, pemberian sanksi skorsing terhadap M Rusdi merupakan wujud membantu pihak kepolisian dalam melakukan proses penanganan hukum. “Skorsing ini adalah, untuk membantu kepolisian memperlancar proses hukum yang sedang dijalani (tersangka),” tandas Agus.

Akademi pendidikan di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu sarat dengan aturan yang cukup ketat dan tegas. Beberapa di antaranya, taruna dinyatakan bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal. Seperti mengonsumsi atau memperdagangkan narkoba, melakukan tindak kekerasan, perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan hingga melakukan tindakan asusila.

Polisi menetapkan M Rusdi sebagai tersangka. Taruna tingkat II ATKP Makassar itu diduga menganiaya juniornya hingga tewas. Penetapan didahului dengan pemeriksaan 22 saksi. Umumnya mereka yang diperiksa adalah rekan setingkat tersangka hingga internal kampus.

“Tersangka melakukan kekerasan fisik, menyuruh korban untuk bersikap tobat. Kaki di lebarkan dengan kepala di bawah sebagai tumpuan dan kedua tangan di belakang pinggang,” kata Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Dwi Ariwibowo dalam ekspos penetapan tersangka di Mapolrestabes Makassar, Selasa (5/2).

Kekerasan berlanjut setelah tersangka menyuruh korban untuk bangun. Dada korban dihantam berulang kali oleh tersangka. Beberapa saat kemudian, korban disebutkan oleng dan langsung terjatuh.

“Karena panik, tersangka dan taruna-taruna lain sempat berikan pertolongan pertama dengan nafas bantuan. Terus dilarikan ke ruang perawatan sebelum dibawa ke rumah sakit terdekat,” ucap Dwi.

Namun sebelum mendapat perawatan medis, korban dinyatakan meninggal dunia. Saat ini tersangka M Rusdi diamankan di Mapolrestabes Makassar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tersangka disangkakan melanggar pasal 338 dan 351 KUHP dengan ancaman hukuman 7 hingga 15 tahun penjara.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Diduga Aniaya Junior Hingga Tewas, Taruna ATKP Makassar Diskorsing