JawaPos Radar

Mensos Janjikan Bansos Tuntas Februari

06/02/2018, 12:37 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Bansos
Mensos Idrus Marham memberikan keterangan kepada media di Makssar, Selasa (6/2). (Syahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham mencanangkan Februari sebagai bulan untuk menuntaskan realisasi bantuan sosial (bansos) pangan non-tunai ke berbagai daerah di Indonesia.

"Kami akan turun ke daerah dan mengajak segenap anggota komisi VIII DPR RI. Kami pastikan bahwa secara sungguh-sungguh seluruh bantuan sosial yang kami berikan kepada rakyat, kami tuntaskan di Februari ini," kata Idrus setelah meresmikan Bimbingan Pemantapan Pendampingan Sosial Bantuan Pangan Non-tunai dan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) Wilayah III tahun 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (6/2).

Khususnya untuk penyaluran rastra di beberapa daerah, realisasinya sudah 50 hingga 100 persen. "Tetapi memang ini baru tanggal 6. Kami pastikan nanti ini semua akan berjalan dengan baik sampai kepada rakyat," sebut Idrus.

Sementara untuk akumulasi rastra yang telah tersalurkan sepanjang 2017 adalah 15.500.000 untuk seluruh daerah di Indonesia. "Ini keluarga. Tentunya setiap keluarga itu ada tiga atau empat orang. Rastra tidak ada bayar-bayaran. Semua kami berikan sepuluh kg per keluarga," tegasnya.

Menurut Idrus, hal mendasar lainnya dalam proses realisasi adalah peran para pendamping. Mereka bekerja tidak hanya sekadar memastikan bansos sampai kepada masyarakat. Pendamping juga harus memastikan bagaimana bansos dimanfaatkan di tengah-tengah masyarakat.

"Kami juga sudah berikan tugas-tugas lain untuk menelusuri kemungkinan masih ada satu atau dua tiga orang yang belum mendapatkan bagian. Karena ada persoalan-persoalan, itu dinamika yang ada," terang Idrus.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel Ilham Gasaling menambahkan, program bantuan pangan non-tunai dan bansos rastra di beberapa daerah telah terealisasi. Pada penyaluran di Januari, rastra telah menjangkau 402.551 keluarga penerima manfaat. Sedangkan untuk bantuan pangan non-tunai ada 39.795 penerima manfaat.

Sementara realisasi penyaluran rastra sejak 5 Februari sudah sebanyak 3.608.880 kg atau 89,65 persen. Angka tersebut disebapkan karena masih adanya beberapa kabupaten/kota di Sulsel yang melaksanakan proses verifikasi dan validasi data. "Penyaluran akan secepatnya dilanjutkan setelah proses verifikasi dan validasi data ini selesai dilaksanakan," tutur Ilham.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up