alexametrics

Maling Zaman Now, Bobol Kantor KUA dan Bawa Kabur 86 Buku Nikah

6 Februari 2018, 18:16:59 WIB

JawaPos.com – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumbar dibobol maling. Sedikitnya, 86 pasang surat nikah, dua duplikat nikah plus sebuah brangkas raib dibawa kabur.

Selain menggasak brangkas berisi buku nikah, maling juga berhasil menggondol satu unit Televisi LCD 22 inci yang terletak di ruangan staf kantor KUA tersebut.

Kepada petugas Polsek Kubung, kepala KUA Kubung Zulfatmai mengatakan, kejadian ini pertama kali diketahui salah seorang staf bernama Fauzi. Saat itu, ia datang ke kantor sekitar pukul 07.00 WIB. Namun, Fauzi terkejut melihat pintu ruangan kantor yang sudah rusak.

Melihat kondisi itu, Fauzi langsung menghubungi Kepala KUA. Tak lama berselang, staf KUA lainnya David dan juga Kepala KUA Kubung Zulhelmi tiba di kantor. Lantas, ketiga orang ini memeriksa seluruh ruangan yang sudah berantakan.

“Maling juga membongkar paksa kaca nako di ruangan penghulu. Saat ini kita masih melakukan penyelidikan di lapangan. Termasuk memeriksa para saksi-saksi,” kata Kapolsek Kubung Iptu Eva Julianti, Selasa (6/2).

Sementara itu, Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Solok Jamilus mengatakan, kasus pembobolan kantor ini bukan pertama kali terjadi di KUA Kubung. Sebelumnya, di akhir tahun 2017 lalu, KUA Lembang Jaya juga kemalingan dengan kerugian satu unit laptop dan satu unit printer.

Sasarannya sama, ya buku nikah. Biasanya digunakan oknum tak bertanggungjawab untuk melakukan nikah liar,” katanya.

“Kita minta, para Kepala KUA lebih meningkatkan pengamanan kantor, terutama buku nikah yang disimpan dalam brankas,” tambah Jamilus.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (rcc/JPC)


Close Ads
Maling Zaman Now, Bobol Kantor KUA dan Bawa Kabur 86 Buku Nikah