JawaPos Radar

Pengusaha Hotel Siapkan Jurus Jitu Ini saat Low Season

06/01/2018, 21:05 WIB | Editor: Budi Warsito
Pengusaha Hotel Siapkan Jurus Jitu Ini saat Low Season
Pengunjung hotel bersantai di pinggir kolam renang. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Guna menggenjot okupansi diawal bulan Januari 2018, pihak hotel berlomba-lomba membuat program untuk menarik perhatian pengunjung.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Malang, Dwi Cahyono mengatakan awal bulan ini merupakan musim low season yang dikenal memang kurang menggembirakan bagi pengusaha hotel.

"Siapkan paket-paket untuk Januari-Februari, soalnya setelah tahun baru akan turun tajam. Jadi itu yang harus disiapkan," ujar Dwi Cahyono, Sabtu (6/1).

Ia menerangkan, momen Natal dan Tahun baru merupakan momen panen bagi bisnis perhotelan. Namun, setelah masa tersebut usai, bisnis hotel pun turun tajam. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau para hotelier untuk mempersiapkan program khusus untuk menggenjot okupansi mereka.

Jadi lanjutnya, dia menghimbau agar pelaku industri perhotelan tidak terpaku pada momen Natal dan Tahun Baru saja. Tetapi juga bulan-bulan memasuki low season.

"Jadi jangan hanya menyiapkan untuk Natal dan Tahun Baru, kemudian setelah itu kebingungan," serunya.

Dari PHRI pun telah melakukan pembahasan terkait program-program untuk low season tersebut. Dan ternyata, atensi tersebut rupanya mendapat perhatian khusus dari Harris Hotel & Conventions Malang. Setelah momen tahun baru lewat, pihaknya menyediakan great sale untuk harga kamar yang sudah mulai normal, yakni Rp 998 ribu.

“Sejak bulan Desember 2017, kami memberikan diskon sebesar 20 persen bagi para tamu yang melakukan pemesanan kamar melalui website resmi kami,” kata Executive Secretary Harris Hotel & Conventions Malang Ires Mariska.

Ires mengatakan, diskon yang diberikan tersebut berlaku untuk periode booking sepanjang Januari hingga Februari 2018. Memasuki masa low season, pihaknya menargetkan okupansi sekitar 80 persen.

“Bulan Januari sudah mulai memasuki masa sepi. Dengan program yang kami miliki, kami optimis bisa mencapai target,” kata Ires.

Selain dengan memberikan diskon khusus untuk kamar, pihaknya juga menggenjot pendapatan dengan menggunakan sales call, mulai dari MICE hingga OTA.

“Untuk MICE dan OTA juga masih berjalan. Kami juga akan mengadakan menu promo untuk food and beverages untuk semakin menarik pengunjung. Beberapa waktu lalu, kami memiliki menu Monster Pizza yang antusiasnya cukup bagus,” pungkas dia.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up