alexametrics

Pemprov Jatim Fokus Evakuasi dan Perbaiki Gardu Listrik Pasca Erupsi

5 Desember 2021, 17:37:57 WIB

JawaPos.com–Sebanyak 112 gardu listrik terdampak akibat erupsi Gunung Semeru. Saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupaya membenahi seluruh gardu listrik yang terdampak.

”Saat ini baru 30 gardu selesai. Insya allah kalau hari ini (5/12) cuaca bagus, 82 bisa menyusul segera direaktivasi. Listrik ini penting, untuk penunjang proses evakuasi khususnya saat malam hari, termasuk BBM,” ungkap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ketika mengunjungi Dusun Renteng, Desa Sumberluwuh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, pada Minggu (5/12).

Dusun tersebut merupakan salah satu dusun yang paling terdampak erupsi Gunung Semeru. Khofifah meminta seluruh pihak membantu proses evakuasi.

”Sejak kemarin (4/12) tim dari PU sudah bawa alat berat datang, tim kesehatan, jadi hari ini kegotongroyongan seluruh pihak. Pak Bupati Lumajang (Thoriqul Haq), juga bupati kabupaten/kota terdekat mengirim tim yang dibutuhkan,” jelas Khofifah.

Saat ini, Khofifah menyatkakan fokus untuk melakukan proses evakuasi. Dia menyebut, pihaknya sedang menunggu kedatangan alat berat untuk evakuasi rumah yang tertimbun abu vulkanik.

”Proses evakuasi penting untuk penyelamatan dan pencarian. Termasuk alat berat akan segera tiba. Lalu tempat pengungsian harus tersedia, tim logistik ada, tim kesehatan, tim dapur umum ada baik di Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo. Pagi ini (5/12) sudah didistribusikan untuk mereka yang terdampak di titik-titik yang terdeteksi,” papar Khofifah.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads