alexametrics

Siap-siap! Anies Akan Naikan Tarif Parkir Tahun Depan

5 Desember 2018, 09:31:07 WIB

JawaPos.com – Kemacetan di ibu kota yang semakin parah menjadi perhatian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Untuk mengurangi kemacetan, Anies berencana akan menaikan tarif parkir tahun depan.

Anies mengaku akan melakukan pengetatan parkir guna mengurang kemacetan. Setidaknya ada dua cara yang akan dilakukan dalam rangka pengetatan parkir, yakni peningkatan biaya parkir, yang kedua dengan cara pengurangan tempat parkir.

Namun untuk menaikan tarif parkir di Jakarta, Anies masih melakukan kajian dan persiapan. Rencananya kebijakan itu akan diterapkan mulai tahun depan setelah semua kajian dan persiapan rampung.

“Lagi dibikin studynya nanti mudah-mudahan akhir bulan ini bisa difinalkan. Itu nanti Insya Allah dilakukan tahun depan kita baru laksanakan,” jelas Anies, Rabu (4/12) malam.

Ia menjelaskan selama lahan parkir tersedia di ruang-ruang publik dan gedung-gedung maka mobil dan motor pribadi akan terus bertambah. Selain dua cara itu, pihaknya juga akan meningkatkan layanan transportasi massal. Agar warga tidak lagi menggunakan kendaraan pribadi.

Maka dari itu, Anies akan membatasi ketersediaan lahan parkir ke depan. Hal ini dilakukan agar kendaraan pribadi dapat berkurang di jalan-jalan besar dan warga bisa beralih ke transportasi umum.

“Kepadatan lalu lintas disebabkan banyak faktor, tapi yang paling penting ketersediaan tempat parkir. Selama ada tempat parkir yang cukup orang akan naik mobil,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Siap-siap! Anies Akan Naikan Tarif Parkir Tahun Depan