alexametrics

Perlintasan KA Sebidang di Manahan Akan Ditutup Selamanya

5 Desember 2018, 09:14:18 WIB

JawaPos.com – Proyek overpass Manahan, Solo, Jawa Tengah (Jateng), ditargetkan tuntas pada 10 Desember. Praktis, kini tinggal menyisakan beberapa hari waktu pengerjaan. Nantinya, jalan layang tersebut tidak bisa langsung digunakan. Sebab masih menunggu hasil uji beban jalan dan beban diam terlebih dahulu.

Dengan adanya overpass, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal menutup perlintasan kereta api (KA) sebidang selamanya. “Untuk perlintasan sebidang nanti ditutup. Karena sesuai undang-undang memang tidak boleh ada perlintasan sebidang,” urai Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo kepada JawaPos.com, Rabu (5/12).

Soal akses untuk kendaraan nonmotor seperti becak dan sepeda, Pemkot Solo akan memikirkan alternatif. Sehingga dua kendaraan tersebut masih bisa melintas di kawasan Manahan. “Ya nanti kami pikirkan agar tetap bisa melintas,” katanya.

Rudy berharap dengan adanya overpass Menahan akan mampu mengurai penumpukan kendaraan yang rutin terjadi di kawasan Manahan. Terutama saat jam sibuk seperti pagi maupun sore hari. Setelah overpass Manahan rampung, Pemkot Solo akan beralih membangun flyover di Purwosari.

Sementara itu, Bagian K3 PT Yasa Patria Perkasa Aditiya Handoko mengungkapkan, proyek overpass sempat terkendala dan molor hingga lebih kurang selama satu bulan. Ini disebabkan proses pemindahan utilitas atau jaringan di bawah tanah.

“Kalau kendala lain tidak ada. Yang menjadi kendala adalah pemindahan jaringan di bawahnya. Ada utilitas dari pipa PDAM, kabel jaringan PLN dan ada kabel jaringan lain yang membuat pengerjaan sempat terkendala,” ungkap Aditiya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)



Close Ads
Perlintasan KA Sebidang di Manahan Akan Ditutup Selamanya