alexametrics

Jaminan Kesehatan Belum Jangkau Seluruh Warga Miskin di Batam

5 Desember 2018, 11:55:47 WIB

JawaPos.com – Layanan kesehatan di pesisir Batam menjadi tantangan bagi pemerintah. Lokasinya yang jauh dan harus menyeberang laut, membuat tidak semua daerah terlayani dengan optimal.

Tidak hanya minimnya sarana pendukung pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan sejenisnya. Masyarakat pesisir juga masih ada yang belum mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah.

Salah satunya di Kelurahan Rampang Cate, Kecamatan Galang, Batam. Di sana, masih ada warga miskin yang belum tertampung dalam layanan pengobatan gratis.

Namun jumlahnya tidak signifikan. Mereka yang belum mendapat kartu BPJS PBI mungkin terkendala pada persyaratan ketika program dijalankan. Sampai saat ini, ada warga yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

“Memang masih ada yang belum dapat. Tapi sudah banyak yang dapat. Datanya dari RT/RW. Mereka yang tertinggal tentu ada,” kata Lurah Rempang Cate Suyatmi melalui sambungan telepon, Rabu (5/12).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Didi Kusumarjadi mengatakan, pihaknya hanya menganggarkan untuk PBI. Sementara proses pendataan hingga terdaftarnya masyarakat menjadi anggota BPJS dengan PB dilakukan perangkat desa, kelurahan, Dinas Sosial (Dinsos) hingga ke Kementerian Sosial. “Ini sistemnya pakai pendataan. Kalau memang mereka tidak terdata tinggal lapor ke kelurahan. Kami sifatnya hanya menganggarkan,” terang Didi.

Salah satu warga yang belum mendapatkan BPJS Kesehatan PBI adalah Mariam, 51. Dia mengaku sebenarnya sudah mengajukan sesuai dengan persyaratan yang ada. Namun hanya tiga anaknya yang mendapatkan kartu BPJS. Sedangkan ia dan satu anaknya lagi belum mendapatkan BPJS.

Janda enam anak itu sudah lapor kepada ketua RT di kampungnya. Tapi belum juga mendapat pencerahan perihal tertahannya kartu BPJS Kesehatan miliknya. “Kalau dibilang perlu, sangat perlu. Kami mana ada duit untuk berobat,” ucap Mariam.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (bbi/JPC)


Close Ads
Jaminan Kesehatan Belum Jangkau Seluruh Warga Miskin di Batam