alexametrics

Daripada ‘Berburu di Kebun Binatang’, Sandi Janjikan Reformasi Pajak

5 Desember 2018, 00:17:03 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno mengkritisi kebijakan pajak pemerintah yang hanya seperti berburu di kebun binatang saat menerapkan pajak tinggi kepada pengusaha. Sandi ingin pemerintah melakukan suatu bentuk reformasi pajak.

Yakni, dengan meningkatkan jumlah wajib pajak, ketimbang mengejar nominal perolehan pajak. Selain itu, dia ingin pemerintah menurunkan nilai pajak. 

“Itu yang diharapkan dunia usaha saat melakukan tax amnesty. Tapi perubahan itu belum terjadi sampai sekarang,” kata Sandi di Surabaya, Selasa (4/12) malam.

Jika tidak, Sandi menganggap pemerintah memang seperti berburu di kebun binatang. Maksudnya, pemerintah menekan masyarakat, terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang taat pajak.

Sandi mengatakan, pengusaha yang ditekan pemerintah itu, akhirnya merasa terbebani karena ditarget seperti objek ketimbang wajib pajak. Untuk itu, dia berjanji hal itu tidak akan terjadi jika dirinya dan Prabowo Subianto terpilih. 

“Nah ini mudah-mudahan tidak menjadi kenyataan. Di bawah Prabowo-Sandi, kami akan meningkatkan jumlah wajib pajak,” kata Sandi. 

Menurutnya, ada beberapa cara meningkatkan wajib pajak. Salah satunya dengan meningkatnya ekonomi, tingkat kepatuhan, dan menurunkan nilai dan tarif pajak. “Supaya ekonomi kita berdaya saing. Apalagi jika dibandingkan ekonomi negara tetangga kita,” katanya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/HDR/JPC)

Daripada 'Berburu di Kebun Binatang', Sandi Janjikan Reformasi Pajak