alexametrics

Dana Penanganan Sungai Citarum Mencapai Rp 640 Miliar

5 Desember 2018, 18:01:54 WIB

JawaPos.com – Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) terus berupaya dalam penanganan masalah sungai Citarum. Kabar terbaru, dana sebesar Rp 640 miliar sudah terintegrasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan memastikan, dana untuk penanganan sungai terkotor di dunia ini sudah terintegrasi dengan baik. Hal itu diungkapkan usai Rapat Koordinasi Implementasi Program Citarum Harum di Kabupaten Bandung, Rabu (5/12).

“Kemarin pendanaannya belum terintegrasi. Sekarang bersama Pak Ridwan Kamil sudah terintegrasi,” kata Luhut di Kabupaten Bandung, Rabu (5/12).

Dana sebesar Rp 640 miliar untuk Program Sungai Citarum Harum diharapkan turun pada Januari atau Februari 2019 mendatang. Sehingga pengerjaan dan proses penanganan bisa berjalan dengan baik.

“Tahun ini Rp 640 miliar hanya yang untuk dikelola oleh Dansatgas Citarum,” ucapnya.

Sedangkan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, dana yang telah diajukan digunakan untuk membeli eksavator, penampungan sampah dan pembebasan lahan. Termasuk untuk danau retensi, karena masalahnya ada sedimen; sampah dan banjir. Maka semua dapat anggaran.

“Jadi ada pembebasan lahan retensi, tempat penampungan sampah dengan insinerator untuk sementara dan membeli ekskatavor untuk keruk sampah,” ujarnya.

Kang Emil sapaanya optimis dan yakin program Citarum Harum akan selesai dalam waktu lima tahun di bawah kepemimpinananya bersama Uu Ruzhanul Ulun selaku wakilnya.

“Akan dirapatkan secepatnya. Alhamdulillah progres dari hulu ke hilir luar biasa, kita optimis dalam 5 tahun ini selesai,” tegas Kang Emil.

Terkait besaran anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat sebanyak Rp 640 miliar, Kang Emil mengatakan tidak cukup. Karena untuk penanganan sungai Citarum membutuhkan dana mencapai triliuan rupiah.

“Dana dari pemerintah pusat ada enam ratus miliar Rupiah, Pemprov seratusan miliar Rupiah. Itu masih kurang karena butuhnya triliunan,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (ona/JPC)

Dana Penanganan Sungai Citarum Mencapai Rp 640 Miliar