alexametrics

Bawaslu Tertibkan Spanduk Hasutan Jokowi Bersama PKI di Tanah Abang

5 Desember 2018, 15:46:01 WIB

JawaPos.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta menemukan ada spanduk bermuatan ujaran kebencian di Jalan Alhabsyi RT 6 RW 7 Kelurahan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (4/12). Saat ini spanduk tersebut pun sudah diturunkan.

Saat dimintai konfirmasi, Komisioner Bawaslu DKI Jakarta Puadi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, penurunan spanduk dilakukan berawal dari informasi warga yang resah atas pesan dari spanduk tersebut.

“Kami turunkan jam 9.40 WIB kemarin (4/12). Pokoknya kami pagi subuh sudah ada informasi ya, kami langsung menuju daerah Tanah Abang, ada satu spanduk,” jelas Puadi saat dihubungi JawaPos.com, Rabu (5/12).

Puadi menjelaskan spanduk tersebut diturunkan karena kontennya bermuatan menghasut. Menurutnya, sesuai UU Pemilu pasal 280 ayat 1 huruf b adapun peserta kampanye pelaksana dan tim kampanye dilarang menghasut dan mengadu domba.

“Walaupun kami tidak tahu siapa yang memasang, tapi kami sudah melakukan upaya. Informasi dari masyarakat ya kami turunkan,” jelasnya.

Setelah adanya penurunan, pihaknya akan melakukan investigasi terhadap pihak yang memasang spanduk. Sebab, perlu bukti-bukti untuk membuat hal tersebut menjadi laporan penyelidikan.

“Pengumpulan bukti-bukti dulu siapa yang memasang sebenarnya. Kalau sudah ketahuan kemudian bukti-bukti sudah kuat baru dijadikan temuan kalah sudah baru diklarifikasi. Kalau sekarang kita mau mulai proses penyelidikan kami juga nggak tahu siapa yang pasang. Makanya diinvestigasi dulu,” terang Puadi.

Kepala Satpol PP Jakpus Rahmat Lubis juga membenarkan adanya spanduk tersebut di wilayahnya. Namun bukan bukan Satpol PP yang menurunkan spanduk tersebut, melainkan Bawaslu DKI Jakarta, Babinsa Binmas, dan lurah.

“Iya kemarin bukan penertiban tapi penurunan saja. Kebetulan Satpol berhalangan jadi ada Pak Lurah juga yang mendampingi,” tuturnya saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, spanduk bermuatan hasutan tersebut terciduk Bawaslu di Tanah Abang. Spanduk berisi pesan #PKIBerkedokPancasila #JKWBersamaPKI #JKWHoaxNasional #JKWGunderuwoNasional #JKWSontoloyoNasional 2019 Tenggelamkan PKI.

Sedangkan, pada bagian bawah spanduk terdapat tulisan Prabowo-Sandi for Presiden Indonesia Kuat. Selain itu, pada sisi kiri spanduk terpampang foto pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Bawaslu Tertibkan Spanduk Hasutan Jokowi Bersama PKI di Tanah Abang