alexametrics

Hadi Tjahjanto, Calon Panglima TNI yang Suka Dongeng Malin Kundang

5 Desember 2017, 00:19:10 WIB

JawaPos.com – Tidak banyak yang tahu seperti apa masa kecil dari Marsekal Hadi Tjahjanto, calon pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo, sebagai Panglima TNI. Pria yang kini tengah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu di masa belianya suka didongengkan sebelum tidur.

“Dulu kan tidak ada televisi, jadi hiburannya ya dongeng,” kata Bambang (82), ayah Hadi Tjahjanto saat ditemui JawaPos.com di rumahnya yang berada di Desa Tamanharjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (4/12).

Bambang yang juga purnawirawan TNI AU itu berkisah, dia selalu menceritakan dongeng kepada lima orang anak-anaknya. Termasuk kepada Hadi. Dongeng yang diceritakan Bambang mulai dari fabel (cerita binatang), kisah zaman kerajaan, keagamaan, hingga cerita legenda dari masing-masing daerah di Indonesia.

calon panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, profil calon panglima TNI
Serma (Purn) Bambang Sudarto, ayah Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjuklan foto keluarga. (Tika Hapsari/JawaPos.com)

Dongeng itu diceritakan saat menjelang tidur atau ketika senggang. Kala itu semua anaknya sudah berkumpul. Ternyata kegiatan ini menjadi rutinitas favorit bagi pria yang pensiun dengan pangkat Sersan Mayor (Serma) itu.

Salah satu dongeng yang diperdengarkan Bambang kepada Hadi, yakni cerita Malin Kundang. Dongeng dari tanah Minangkabau yang menceritakan anak yang durhaka kepada ibunya itu menjadi favorit bagi alumnus Akademi Angkatan Udara (AAU) pada 1986 itu.

Dongeng Malin Kundang itu pun menjadi bahan lelucon bagi mantan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenhan saat pulang kampung ke Singosari. Bahkan Hadi kerap bertanya apakah dia seperti Malin Kundang atau tidak.

“Sering tanya kepada ibunya (Nur Sa’adah) kalau pulang, ‘Bu, aku enggak kayak Malin Kundang kan’. Sering tanya seperti itu, ingin memastikan bahwa dia tidak durhaka kepada kami. Tentu saja kami jawab, ya enggak sama kayak Malin,” beber laki-laki yang sudah memiliki cicit itu.

Editor : admin

Reporter : (tik/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Hadi Tjahjanto, Calon Panglima TNI yang Suka Dongeng Malin Kundang