alexametrics

Posko Pengungsian Korban Bencana Sulteng di Makassar Ditutup

5 November 2018, 21:19:32 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) resmi menutup posko penanganan pengungsi korban dampak bencana gempa, tsunami dan likuifaksi di Asrama Haji Sudiang (AHS) Kota Makassar. Penutupan dilakukan sejak Sabtu (3/11).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel, Andi Ilham Gazaling mengatakan, posko ditutup setelah seluruh korban asal Palu, Donggala dan Sigi serta wilayah lain terdampak bencana di Sulawesi Tengah (Sulteng) dipulangkan. Pemulangan dilakukan sejak, Sabtu (3/11), pekan lalu.

“Posko ditutup Sabtu kemarin. Jadi sudah tidak ada pengungsi, semua sudah balik,” ujar Ilham saat dikonfirmasi, Senin (5/11). 

Posko penanganan pengungsi sebelumnya dibuka Pemprov Sulsel pada Sabtu, 29 September, atau satu hari setelah bencana melanda sebagian besar wilayah Sulteng. Sejak kejadian, posko menampung 3.400 lebih korban. Mereka diangkut lewat jalur darat, udara, dan laut.

Ilham mengatakan, pengungsi asal Sulteng meninggalkan posko pengungsian secara bertahap. Selain kembali ke Sulteng, ada juga yang memilih pulang ke kampung halaman di luar daerah. “Sebagian lagi menumpang di rumah kerabat di Makassar atau wilayah lain di Sulsel. Tapi rata-rata memang kembali ke Palu. Ada juga yang ke Jawa Timur, Kalimantan, dan lain-lain,” jelas Ilham.

Selama berada di posko, Pemprov Sulsel memastikan semua kebutuhan pengungsi terpenuhi. Selain menjamin makan-minum, pakaian, dan tempat tinggal, relawan dan petugas tanggap darurat juga membantu pemulihan mental pasca trauma pengungsi.

Menurut Ilham, para pengungsi punya semangat tinggi untuk melanjutkan hidup. Mereka disebut tetap bertekad pulang ke Sulteng, meski sebagian tidak lagi punya tempat tinggal yang utuh akibat bencana.

“Kami mendoakan para korban dan pengungsi diberi kesehatan dan perlindungan selama masa pemulihan di Sulteng,” pungkas Ilham.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (rul/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Posko Pengungsian Korban Bencana Sulteng di Makassar Ditutup