JawaPos Radar

Dukung Produksi Pertanian, Pemerintah Bangun Bendungan Tapin

05/10/2016, 02:36 WIB | Editor: Mochamad Nur
Dukung Produksi Pertanian, Pemerintah Bangun Bendungan Tapin
Proyek Bendungan Tapin, Kalsel (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),  berupaya mempercepat pembangunan Bendungan Tapin di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Pemerintah terus membangun sejumlah bendungan untuk mendukung  infrastruktur pertanian sebagai bagian dari upaya meningkatkan  produksi pertanian menuju swasembada pangan.

"Saya mau coba mempercepat pembangunannya (Bendungan Tapin), tapi saya mau hitung lagi dan diskusi dengan konsultannya," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono  saat meninjau  proyek Bendungan di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Senin (4/10). 

Menurutnya,  Bendungan Tapin sudah lama direncanakan dan mulai dikerjakan pada Oktober 2015. Sesuai rencana, pembangunan bendungan ini akan tuntas pada September 2019.

Dia  menyampaikan bahwa manfaat dari Bendungan Tapin adalah untuk penyediaan air irigasi seluas 5.400 hektar. 

Bendungan ini  juga akan  mensuplai air untuk Bendung Lino yang berada dibawahnya, sehingga bisa mendukung sarana irigasi tehnis dan peningkatan produksi pertanian.

Selain itu, lanjut Menteri Basuki, bendungan ini  akan  penyediaan air baku hingga 500 liter per detik untuk Kota Rantau yang menjadi ibukota Kabupaten Tapin dan penyediaan air bersih, karena di Kalimantan ini masih kesulitan air bersih. 

Pembangkit listrik tenaga air yang dibangun di bendungan ini  akan menghasilkan  listrik dengan kapasitas mencapai 3,3 MW (megawatt). 

"Sehingga kalau ada pengembangan Kota Rantau, perumahan misalnya, listriknya dapat disuplai dari sini (Bendungan Tapin)," ucapnya.

Terkait pembebasan lahan untuk pembangunan Bendungan Tapin, Menteri Basuki menyatakan tidak ada masalah. Pekerjaan pembangunan Bendungan Tapin seluruhnya menggunakan dana APBN  dengan nilai kontrak Rp 896,9 miliar.

Rencananya, bendungan Tapin akan mampu menampung  kapasitas air sebesar 56,77 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 425 hektar.(nas/JPG) 

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up