alexametrics

Tiga Tahun Ganjar-Yasin, Sentuh UMKM, RTLH, dan Listrik Gratis

5 September 2021, 17:38:05 WIB

JawaPos.com – Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen kini memasuki tahun ketiga melayani rakyat Jawa Tengah (Jateng) sebagai gubernur dan wakil gubernur. Beragam pencapaian untuk masyarakat telah diraih melalui kebijakan-kebijakan strategis. Mulai sambungan listrik gratis, penuntasan rumah layak huni (RTLH), pemberdayaan UMKM, dan masih banyak lagi.

Untuk listrik, tahun ini Pemprov Jateng telah memberi bantuan sambungan listrik gratis atau listrik murah kepada 15 ribu rumah. Bantuan sambungan listrik tersebut untuk membantu rumah warga miskin, serta menggenjot perekonomian masyarakat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Program menyasar di berbagai daerah, seperti Banyumas, Wonogiri, Cilacap, Pati, Kebumen, Blora, Rembang, dan lainnya. Saat ini, program yang merupakan instruksi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ini masih berlangsung. Sesuai rencana, tahun ini akan dipasang 15 ribu sambungan listrik. Dan, sampai Juli 2021 sudah terpasang 4.304 unit rumah atau 28,69 persen.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, kendati pandemi, pihaknya akan tetap bekerja keras mencapai target hingga akhir 2021. “Total dipasang sampai 2020 sudah sampai pada angka 40 ribu lebih sambungan. Untuk yang tahun ini, sudah bertambah lagi. Progres tahun ini masih belum closing karena ini masih on going (sedang berlangsung),” kata Sujarwanto. “Tahun ini optimistis terpasang 10 ribu (sambungan listrik). Karena tahun ini kita pasang 15 ribu, tapi ternyata banyak yang sudah mulai pasang sendiri,” sambungnya.

Selain pemasangan listrik gratis, program-program lain yang menjadi pencapaian pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin adalah penuntasan rumah layak huni (RTLH), pemberdayaan UMKM, dan masih banyak lagi.

Sujarwanto menambahkan, pemasangan sambungan listrik ini juga berefek pada peningkatan produktivitas dan kesejahteraan keluarga. Dengan listrik, masyarakat bisa melakukan aktivitas produktif seperti menjahit, membuat kerajinan, dan kuliner.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads