alexametrics

Telat Kembalikan Dana Kampanye, Rindu Tetap Dilantik Jokowi

5 September 2018, 16:39:38 WIB

JawaPos.com – Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9). Sebelumnya ada pihak yang meminta pelantikan dibatalkan.

Mantan Wali Kota Bandung ini, mengatakan tidak pernah ambil pusing terkait pihak yang meminta pelantikan dibatalkan. Karena pada kenyataannya per 5 September 2018 resmi memimpin Jabar lima tahun ke depan.

“Buktinya tidak dibatalkan. Itu aspek hukumnya sederhana, saya dianggap telat masalah (menyerahkan kelebihan dana kampanye), dua hari,” kata Ridwan Kamil di Jakarta, Rabu (5/9).

Perihal telat, kata pria yang akrab disapa Kang Emil, pihak KPU Jabar memberi rekening itu pun telat. Sehingga Kang Emil menyebut, bukan pasangan Rindu yang telat.

“Orang yang memberikan nomor rekeningnya (telat). Kalau nomor rekeningnya on time kita on time, kira-kira gitu. Jadi enggak usah ke teknis lah,” ujarnya.

Ketika adanya gugatan, tetap dihadapi dengan santai dan cerdas. Karena semua sudah ada koridor hukum. “Ya mau satu gugatan, dua gugatan, tiga gugatan silakan, ada jalur koridor hukum. Tapi urusan administrasi negara tetap dilakukan. Jadi silakan,” tegasnya.

Sebelumnya tim kuasa hukum pasangan Sudrajat-Akhmad Syaikhu, mendapati dugaan dana ilegal sebesar Rp 42 juta, terlebih adanya keterlambatan penyerahan. Sehingga pihaknya meminta untuk membatalkan pelantikan tersebut.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (ona/JPC)


Close Ads
Telat Kembalikan Dana Kampanye, Rindu Tetap Dilantik Jokowi