JawaPos Radar

PDIP Kota Malang Ganti 5 Bacaleg yang Terjerat Korupsi

05/09/2018, 20:59 WIB | Editor: Dida Tenola
PDIP Kota Malang Ganti 5 Bacaleg yang Terjerat Korupsi
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika (kanan) saat konferensi pers terkait penggantian bacaleg, Rabu (5/9). (Fiska Tanjung/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com- PDI Perjuangan (PDIP) bakal mengganti lima kadernya yang terjerat korupsi suap APBD-P Tahun Anggaran 2015 sebagai daftar bacaleg Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Ketua DPC PDIP Kota Malang I Made Rian Diana Kartika mengatakan, pada tanggal 3 Agustus kemarin pihaknya telah menyampaikan surat pergantian ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang. "Kami sudah siapkan. Sekarang masih dalam proses," ujarnya, Rabu (5/9).

Dia menerangkan, KPU memberikan waktu hingga tanggal 10 September kepada parpol untuk melengkapi berkas. "Besok laksanakan (persiapan berkas). Tidak sampai tanggal 10 sudah lengkap," tambahnya. 

PDIP Kota Malang Ganti 5 Bacaleg yang Terjerat Korupsi
Ilustrasi KPK (Dokumen JawaPos.com)

Made menerangkan, terkait pencalonan legislatif ini, pihaknya mendapat instruksi langsung dari DPP agar segera mengganti kader yang tersandung korupsi.

Ada lima kader PDIP yang mencalonkan diri kembali sebagai caleg. Mereka adalah Diana Yanti, Erni Farida, dr Teguh Mulyono, Arief Hermanto, Hadi Susanto. Kelima orang itu telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedangkan dua kader lain masih berstatus anggota aktif DPRD Kota Malang, yakni Tutuk Hariyani dan Priyatmoko Oetomo. 

Made menyampaikan, pihaknya berharap ada diskresi dari KPU terkait pergantian calon. Sejauh ini kebijakan KPU hanya membolehkan penggantian bacaleg untuk perempuan saja.

Masalahnya, bacaleg dari PDIP justru lebih banyak yang laki-laki daripada perempuan. "Hormati seluruh keputusan KPU. Beberpaa keputusan dari DCS (daftar calon sementara) ke DCT (daftar calon tetap) yang bisa diganti (hanya) caleg perempuan. Kami harap ada diskresi dari KPU," papar Made.

Kendati begitu, DPC PDIP menegaskan siap untuk mempersiapkan bakal calon legislatifnya. "Jelas siap, stok ada. Kemarin rekrut 120 persen kader," pungkasnya. 

 

 

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up