Pakde Karwo Gugur Jadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin

05/09/2018, 14:28 WIB | Editor: Dida Tenola
Pengurus sembilan parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin usai menggelar konsolidasi Tertutup (Istimewa)
Share this

JawaPos.com- Sembilan partai politik yang tergabung dalam koalisi pengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur diam-diam sudah menggelar konsolidasi. Mereka merumuskan berbagai strategi pemenangan. Dalam pertemuan itu juga muncul beberapa nama yang dianggap mampu menjadi ketua tim pemenangan di Jawa Timur.

Ada beberapa nama yang diusulkan oleh sembilan parpol koalisi tersebut. Mulai dari Gubernur Jatim Soekarwo, mantan Gubernur Jatim Imam Utomo, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, hingga Dahlan Iskan.

Namun, nama Pakde Karwo (sapaan Soekarwo) langsung tersisih dari bursa Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Maruf Amin karena terganjal aturan Kemendagri. "Partai-partai mengusulkan Pakde Karwo,tapi karena aturan Kemendagri menyebut kepala daerah tidak boleh menjadi ketua tim kampanye atau timses, otomatis nama Pakde Karwo gugur dengan sendirinya. Jadi sekarang tinggal tiga kandidat ketua tim," jelas Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi di Surabaya, Rabu (5/9).

Selain membahas ketua tim pemenangan, dalam konsolidasi tersebut juga sudah terjadi kesepakatan dari masing-masing pimpinan partai terkait strategi dan komposisi tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jawa Timur. Untuk sementara, jumlah tim kampanye sekitar 150-160 orang yang terdiri atas Dewan Pengarah, Dewan Penasihat, Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan direktur-direktur.

"Strateginya tidak bisa kami paparkan karena itu dapur koalisi. Yang jelas koalisi sangat kompak, dan kami bekerja sangat terstruktur. Nanti teknis strateginya akan diturunkan sampai tingkat anak ranting partai di desa-desa, bahkan sampai lingkup RT/RW,” imbuhnya.

Politikus yang juga wakil ketua DPRD Jatim ini optimis, dengan kekompakan koalisi tersebut, pasangan Jokowi-Ma'ruf akan menguasai suara Jatim. Selanjutnya, seluruh Infrastruktur tim pemenangan akan bergerak secara masif untuk menyosialisasikan program Jokowi-Ma'ruf.

“Kami juga sudah siapkan sosialisasi berbagai hasil kerja Pak Jokowi di Jatim lewat kampanye #JatimJokowiLagi yang sudah mulai jalan. Yakin banget bisa menang lagi, karena kerja Pak Jokowi kan sudah terbukti," pungkas Kusnadi.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari mengatakan,  jika posisi ketua tim pemenangan bukan dari partai politik, maka para para ketua parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf di Jatim secara otomatis akan menjadi wakil ketua. "Pada 7 September nanti, nama ketua tim pemenangan di Jatim dan seluruh struktur di bawahnya sudah diputuskan, lalu dilaporkan ke tim kampanye nasional serta ke penyelenggara pemilu,” kata Sri Untari.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi