alexametrics

Sebulan, Warga Desa Mulyorejo Jember Tiga Kali Diserang OTK

5 Agustus 2022, 11:48:17 WIB

JawaPos.com – Warga di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, dibuat gelisah sekaligus tegang. Sebab, hanya dalam rentang waktu sebulan, terjadi tiga kali aksi penyerangan dan perusakan oleh sekelompok orang tak dikenal (OTK) di desa tersebut.

Kasus terbaru terjadi pada Rabu (3/8) dini hari lalu. Puluhan OTK kembali menyerang desa yang berada di wilayah perbatasan Jember–Banyuwangi itu. Dalam insiden tersebut, 1 mobil dan 2 motor milik warga dan salah satu tokoh di desa itu dibakar.

Jika diakumulasi, dari tiga insiden penyerangan tersebut, total ada 4 mobil dan 25 motor yang dibakar. Dua poskamling dan gedung sekolah tak luput dari aksi perusakan dan pembakaran massa.

Aparat kepolisian juga mendapat laporan kehilangan uang sebesar Rp 265 juta. Tiga warga terluka akibat kerusuhan itu.

Kamis (4/8) anggota DPRD Jember Tabroni mendatangi desa tersebut. Dia bertemu beberapa warga dan tokoh masyarakat. ”Kami menilai, konflik ini sebenarnya tersulut sejak beberapa pekan terakhir. Yang awalnya hanya konflik gesekan antarpersonal beralih menjadi konflik gerakan komunal,’’ kata Tabroni.

Dari hasil pertemuan itu, Tabroni mengaku memperoleh sejumlah informasi terkait dugaan motif penyerangan desa tersebut. Mulai isu perselisihan lahan di wilayah perbatasan hingga kasus pembukaan paksa sebuah portal pengeringan kopi. Ada juga dugaan motif lain.

’’Pemerintah harus hadir untuk segera mengurai semua akar persoalan. Memastikan rasa aman dan nyaman masyarakat,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Kapolsek Silo AKP Suhartanto mengatakan, insidenpenyerangan itu terjadi tiga kali. Yakni, pada3 Juli, disusul aksimassa30Juli, danyangterbaruRabu (3/8) lalu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mau/dwi/c7/ris

Saksikan video menarik berikut ini: