alexametrics

Ingatkan Pemuda, Waspadai Efek Krisis Global

5 Agustus 2022, 17:00:30 WIB

JawaPos.com – Krisis global melanda sejumlah negara. Salah satu pemicunya situasi geopolitik akibat perang Rusia-Ukraina yang belum berkesudahan.

Ketua KNPI Muhammad Ryano Panjaitan mengingatkan, kondisi krisis global sangat berpotensi mempengaruhi Indoensia. Yaitu, dalam konteks relasi perdagangan internasional. Selama ini Indonesia mengekspor sejumlah komoditas strategis, seperti pangan maupun energi. Sebab, sejumlah negara mulai mengalami krisis finansial, pangan, hingga energi.

“Amerika telah mengumumkan resesi finansial, begitupun dengan Tiongkok. Di Eropa, relasi Ukraina dan Rusia masih belum menunjukkan tanda-tanda perdamaian,” ujar Ryano dalam keterangannya kepada JawaPos.com, Jumat (5/8). Pernyataan itu disampaikan Ryano di sela-sela pelantikan DPD KNPI NTB pada Rabu (3/8) malam.

Dia menyakini potensi sumber daya Indonesia dengan pemudanya. Untuk itu, para pemuda tidak diam, mesti waspada dengan melakukan aksi nyata.

“Krisis global yang melanda dunia hari ini adalah sinyal. Sinyal untuk meresponsnya dengan aksi nyata semua elemen pemuda,” lanjut alumnus Universitas Al-Azhar itu. Caranya, dengan memperkuat kolaborasi bersama pemerintah pusat maupun daerah, melalui program dan aksi nyata.

“Situasi instabilitas dunia internasional cukup berefek. Kendati memang proyeksi pertumbuhan ekonomi kita ditargetkan pada kisaran 5 persen. Jangan berbangga dulu, jadikan outlook ekonomi nasional sebagai pemicu untuk beraksi,” beber Ryano.

Menurut Ryano, ‘AcitivistPreneur’ harus digaungkan. Targetnya melahirkan aktivis yang memiliki kemandirian ekonomi, mampu menciptakan peluang maupun lapangan kerja.

ActivistPreneur mendorong para enterpreneur yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Nilai enterpreneur-nya mendorong para aktivis mandiri secara ekonomi.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini: