alexametrics

Kunjungan Tatap Muka Bakal Diizinkan di Lapas Se-Jawa Timur

5 Juli 2022, 20:35:25 WIB

JawaPos.com–Usai dua tahun tidak menerima layanan kunjungan di lapas/rutan, untuk pertama kalinya, kunjungan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) kembali dibuka. Di Jawa Timur, uji coba layanan kunjungan tersebut digelar usai Idul Adha.

Hal itu disampaikan Kadiv Pemasyarakatan Teguh Wibowo pada Selasa (5/7). Layanan kunjungan secara terbatas tersebut sebagai tindak lanjut atas Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar dan telah ditetapkan pada 30 Juni 2022.

”Saya ingin ada keseragaman dan kesepakatan dalam proses layanan kunjungan di seluruh lapas/rutan se-Jatim,” terang Teguh.

Dalam SE Ditjen Pemasyarakatan tersebut, yang mendapatkan izin berkunjung adalah keluarga inti. Khusus penasihat hukum, lanjut dia, harus dibuktikan dengan surat kuasa dan dibatasi jumlahnya.

Pengunjung dapat diterima apabila telah menerima vaksin ketiga yang dibuktikan dengan aplikasi PeduliLindungi atau sertifikat vaksin.

”Bagi pengunjung yang belum menerima vaksin secara lengkap wajib menunjukkan rapid/swab antigen dengan hasil negatif,” ujar Teguh.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: