alexametrics

Nemu HP Berisi Foto Perempuan Tanpa Busana, Untung Masuk Penjara

5 Juli 2018, 20:41:51 WIB

JawaPos.com – Jika menemukan barang di jalan, ada baiknya dikembalikan. Jangan sampai mengambil keuntungan seperti yang dilakukan seorang pemuda di Malang. Untung Basofi, 26, terpaksa harus berurusan dengan polisi.

Warga Desa Klepu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, itu menemukan handphone di jalan kawasan Dampit, Kabupaten Malang, pada Mei lalu. Dia terpaksa berurusan dengan polisi, karena memeras pemiliknya berinsial Bunga, 16.

Ceritanya, ketika menemukan handphone di jalan, dia lantas memungutnya. Bukan hanya memungut, pelaku juga sampai membuka-buka isinya.

Ketika membuka isinya, ternyata dia menemukan sejumlah foto syur dan video pribadi milik korban. Akhirnya, timbul niat jahat Untung. Dia berinisiatif untuk memeras Bunga.

“Saya ditelepon, pemiliknya bilang mau nebus asal hapenya kembali,” kata Untung dengan wajah tertunduk, saat dimintai keterangan di Polsek Dampit, Kamis (5/7).

Mendapatkan angin, dia kemudian minta tebusan Rp 7 juta. Namun, pemilik HP mengaku tidak punya uang sebanyak itu. Bunga sempat menawar agar menjadi Rp 2 juta saja.

“Saya iyakan. Tapi saya belum terima uangnya,” imbuh pekerja serabutan itu.

Beberapa hari kemudian, keduanya berjanji ketemuan di kawasan Polaman, Dampit. Namun rupanya, korban sudah melaporkan pemerasan ini sebelumnya ke polisi.

Ditanya, apakah ia sempat menceritakan temuannya pada orang lain, tersangka membantah. Ia juga mengaku tidak menyebarkan isi data ponsel milik korban.

Ketika ketemu di tempat yang ditentukan, korban langsung disergap oleh anggota Reskrim Polsek Dampit.

“Tersangka kami amankan, dan sekarang sedang menjalani proses hukum,” kata Kanitreskrim Polsek Dampit, Iptu Soleh Mas’udi.

Akibat perbuatannya, lanjut Soleh, tersangka diduga melanggar pasal 368 KUHP tentang tindak pidana pemerasan. Hingga kini, ia menginap di terungku alias jeruji besi Polsek Dampit.

“Ancaman hukumannya lebih dari lima tahun kurungan penjara,” tandas dia.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (tik/JPC)


Close Ads
Nemu HP Berisi Foto Perempuan Tanpa Busana, Untung Masuk Penjara