JawaPos Radar

Merokok di Toilet Pesawat, Pemuda Dapat Hukuman Ini Seumur Hidup

05/07/2018, 21:07 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Merokok di Toilet Pesawat, Pemuda Dapat Hukuman Ini Seumur Hidup
Pemuda merokok di pesawat saat diamankan petugas BIM dan menandatangi surat perjanjian, Kamis sore (5/7) (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Ada-ada saja kelakuan seorang pemuda asal Kota Medan, Sumatera Utara ini. Pria berinisial AG, 27, nekad merokok di toilet pesawat saat terbang dari Medan menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Akibat ulah konyolnya, AG terpaksa diamankan petugas saat mendarat di BIM, Padang Pariaman, Kamis sore (5/7).

Informasi yang diterima JawaPos.com menyebutkan, kejadian berawal saat alarm toilet maskapai Lion Air JT 131 berbunyi. Saat itu terbang dari Medan menuju BIM. Lantas, diketahui AG tengah merokok di dalam toilet.

Namun, pesawat yang ditumpangi AG memilih untuk melanjutkan perjalanan menuju BIM. "Nah, begitu pesawat mendarat di BIM, AG langsung diamankan," kata Humas Angkasa Pura II Cabang BIM, Fendrick Sondra pada sejumlah wartawan, Kamis (5/7).

Dari hasil pemeriksaan, terang Fendrick Sondra, pemuda itu nekad merokok di pesawat karena dibawah pengaruh obat terlarang. Hal itu juga dibenarkan orangtuanya yang langsung datang ke BIM untuk menyelesaikan ulah anaknya.

"Orangtuanya mengaku, saat ini anaknya masih dalam pengawasan dokter dan sedang dalam masa rehabilitasi," bebernya.

Fendrick melanjutkan, setelah diamankan, AG dan orangtuanya lantas menandatangani surat pernyataan untuk tidak lagi mengulangi perbuatan tersebut. "Merokok di atas pesawat merupakan tindakan melanggar hukum. Nyaris, semua maskapai di dunia sudah mengadopsi penerbangan tanpa asap rokok," katanya.

Dalam aturannya, sanksi terberat yang diterima AG atas perbuatan itu adalah dimasukkan ke dalam daftar hitam dan tidak diperkenankan seumur hidup terbang menggunakan maskapai tersebut.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up