alexametrics

KPU Solo Siapkan Kambing di 336 TPS dengan Partisipasi Tertinggi

5 Juli 2018, 18:05:19 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo akan memberikan seekor kambing kepada sedikitnya 336 tempat pemungutan suara (TPS). Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi KPU terhadap tingginya partisipasi pemilih dalam Pilgub Jateng 27 Juni lalu.

Selain itu, KPU juga akan memberikan apresiasi kepada sejumlah TPS lain dengan beberapa kriteria lain. 

“Ada TPS dengan partisipasi pemilihnya lebih dari 80 persen itu jumlahnya 336 TPS, lalu ada empat TPS unik dan ada kategori lainnya,” terang Ketua KPU Solo, Agus Sulistiyo kepada JawaPos.com, Kamis (5/7).

Pemberian hadiah ini, lanjut Agus sebagai bentuk apresiasi dari KPU. TPS-TPS tersebut dinilai sudah melakukan upaya untuk menekan angka golput dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgub jateng tahun ini. 

Hadiah yang diberikan tersebut merupakan pemberian dari para donatur yang secara sukarela memberikan seekor kambing untuk diberikan kepada TPS. Sedangkan untuk KPU sendiri bersifat mengorganisir pemberian hadiah tersebut.

“KPU hanya mengorganisir saja, yang memberi ada dari tokoh masyarakat, LPMK juga ada yang menyumbang,” terangnya. 

Selain itu, Agus mengatakan, untuk tingkat partisipasi pemilih dalam Pilgub Jateng sudah cukup tinggi. Bahkan jumlahnya sesuai dengan target nasional maupun KPU yakni 77 persen.

Meningkatnya jumlah partisipasi ini salah satunya karena tingkat kesadaran masyarakat dalam memberikan hak pilihnya juga sudah lebih baik. Sehingga, mereka pun berbondong-bondong datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya. 

“Untuk Pilgub kali ini sudah cukup bagus tingkat partisipasinya karena sudah mencapai target KPU,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

KPU Solo Siapkan Kambing di 336 TPS dengan Partisipasi Tertinggi