alexametrics

Berada di Tengah Kota Medan, Lanud Soewondo Akan Dipindahkan

5 Juli 2018, 23:39:28 WIB

JawaPos.com – Rencana pemindahan Pangkalan militer TNI Angkatan Udara Landasan Udara (Lanud) Soewondo yang berada di Medan sudah masuk dalam pembahasan. Alasan Lanud itu dipindah, karena letaknya berada di tengah Kota Medan.

Hal itu pun sudah diungkapkan Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu saat datang ke Kota Medan, Kamis (5/7). Ryamizard mengaku, sudah berulang kali datang ke Lanud Soewondo. Namun, pembahasan soal pemindahan belum juga rampung.

“Itu rencana kita semua. Saya sudah berapa kali datang kesana. Tapi belum selesai (pembahasan). Itu antara saya dengan Mabes TNI dan TNI AU. Saya melihat, mendengar walaupun masalah utama itu di Kemenhan,” ujarnya.

Untuk lokasi pemindahannya, Ryamizard mengatakan sudah ada dibahas ditingkat kementrian bersama TNI. Lokasi pemindahan Lanud Soewondo juga diperhitungkan akan tiga kali lebih besar dari sekarang (eks Bandara Polonia).

“Kenapa harus dipindahi?. Disini kan sudah tengah kota. Kalau ada apa-apa nanti masalahnya panjang. Seperti pesawat yang jatuh dulu. Itu akibatnya panjang. Itu gak boleh terjadi lagi,” jelas Menhan.

Lebih jauh lagi, Ryamizard meminta supaya lokasi pemindahan Lanud Soewondo tidak jauh dari Kota Medan. Karena Lanud itu juga akan digunakan sebagai tempat mendaratnya tamu – tamu penting setingkat VVIP.

“Sebaiknya di luar kota, tapi juga tidak terlalu jauh dari yang sekarang. Tapi minimal dua kali atau tiga kali besar dari posisi sekarang (lokasinya). Kalau mau ditukar ya harus tiga kali (lebih luas),” pungkasnya.

Rencananya, dalam Lanud yang baru juga akan dilengkapi asrama. Soal lahannya juga harus diselesaikan dengan cara hukum.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Berada di Tengah Kota Medan, Lanud Soewondo Akan Dipindahkan