alexametrics
Kembali ke Fitrah

Lebaran Tidak Mudik, Anies Kumpulkan Keluarga di Jakarta

5 Juni 2019, 14:35:20 WIB

JawaPos.com – Tradisi pulang kampung hampir menjadi sesuatu yang wajib dilakukan bagi seorang perantau di Indonesia saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Adanya libur panjang membuat masyarakat memilih menghabiskan waktunya bersama keluarga. Belum lagi adanya kebiasaan sungkeman kepada sanak saudara saat lebaran membuat tradisi ini semakin kental dijalankan.

Namun, nyatanya tak semua orang bisa selalu merayakan hari kemenangan di kampung halaman. Banyak pula dari mereka yang harus tetap di perantauan saat lebaran tiba.

Seperti yang dialami oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia dipastikan tahun ini akan merayakan hari Raya Idul Fitri di ibu kota. Tidak ada rencana pulang kampung ke Jogjakarta di kesempatan kali ini.

“Rencananya di Jakarta, tentu bertugas di Jakarta. Tidak mudik kita,” kata Anies di Kampung Bandan, Jakarta Utara, Kamis (30/5).

Lebaran tahun ini Anies harus tetap menjalankan tugasnya sebagai orang nomor satu di DKI. Dia harus menyapa warganya setiap saat sekalipun saat hari libur. Tidak adanya Wakil Gubernur untuk membantu tugasnya sampai saat ini tidak membuat Anies mengeluh.

Tapi, cukup baginya hanya kursi Wakil Gubernur yang kosong, namun situasi batinnya harus tetap dipenuhi kebahagian sekalipun merayakan lebaran tidak di kampung halaman. Untuk itu, Orang tua dan anggota keluarga lainnya, dikumpulkan Anies di Jakarta. Sehingga momen kembali fitrah tetap terasa hangat.

“Orang tua sudah datang ke Jakarta. Beberapa hari yang lalu dijemput oleh adik saya, sekarang sudah di sini. Insya Allah (lebaran) akan di Jakarta,” ucap pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat 50 tahun silam itu.

Bak masyarakat lainnya, bagi Anies momen lebaran bukan hanya sekedar untuk saling memaafkan, namun harus dirakayakan sebagai hari kemenangan. Oleh karena itu hidangan khas Idul Fitri serasa wajib harus ada. “Ya biasa (hidangan favoritnya) ketupat, lontong,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu sambil tersenyum.

Anies berharap Idul Fitri tahun ini bisa dinikmati oleh seluruh warga ibu kota, baik yang mudik atau tidak. Bagi yang mudik dia mengingatkan agar warganya mengecek kembali kondisi rumah sebelum ditinggalkan. Hal itu untuk menghindari adanya kabar buruk seperti kebakaran atau pencurian saat perayaan lebaran berlangsung.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads