JawaPos Radar

Jako dan Jumbo Amankan Stasiun Cirebon

05/06/2018, 18:31 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Anjing Pelacak
AMANKAN MUDIK: Dua anjing pelacak disiagakan di Stasiun Cirebon selama arus mudik berlangsung. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Polda Jawa Barat (Jabar) mulai melakukan pengamanan arus mudik Lebaran 2018. Dua ekor anjing pelacak diturunkan untuk mengamankan Stasiun Cirebon. Namanya Jako dan Jumbo.

Kedua anjing spesialis pelacak bom itu akan mengitari seluruh kawasan Stasiun Cirebon selama angkutan Lebaran. Yakni mulai 5 Juni (H-10) hingga 26 Juni (H+10) mendatang.

Pengerahan dua anjing pelacak untuk mengantisipasi ancaman terorisme selama arus mudik. Dalam aksinya, Jako dan Jumbo akan melacak barang bawaan penumpang. Baik yang berangkat maupun yang datang ke Stasiun Cirebon.

"Kedua anjing itu akan berpatroli di wilayah Stasiun Cirebon. Termasuk kerumunan penumpang saat mudik di Stasiun Cirebon," ujar Bintara Unit Satwa Polda Jabar Briptu Angga Priatna usai gelar pasukan di Stasiun Cirebon, Selasa (5/6).

Jako merupakan anjing jenis Belgian Malinois. Sedangkan Jumbo adalah jenis Herder. Kedua anjing sudah dilatih Tim Jihandak Polda Jabar untuk melacak keberadaan bahan yang berpotensi meledak.

Ancaman teror yang bisa datang tiba-tiba. Untuk itu, Tim Jihandak Polda Jabar dan Unit K9 selalu berkoodinasi sebagai langkah antisipasi. "Kedua anjing itu sudah dilatih secara khusus oleh petugas satwa yang ahli melacak, menemukan dan menjinakkan bahan peledak," terangnya.

Deputy VP KAI Daop 3 Cirebon Wisnu Pramudyo mengatakan, pihaknya meningkatkan pelayanan dan pengamanan selama arus mudik Lebaran 2018. Salah satunya dengan cara menempatkan sejumlah petugas secara ekstra di luar stasiun untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan.

"Petugas gabungan dari Daop 3 Cirebon ditambah 104 personel dari TNI/Polri disiagakan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas kereta api di wilayah Cirebon," ungkapnya.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up